10 Hikmah Puasa Ramadan yang Bisa Umat Muslim Petik

Syariah27 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Puasa Ramadan adalah ibadah yang tersebut wajib dilaksanakan oleh umat Islam selama satu bulan penuh di dalam bulan Ramadan. 

Tidak sekedar menahan hawa lapar, dahaga, juga nafsu ibadah puasa mempunyai berbagai sekali hikmah yang mana bisa jadi diambil manfaatnya oleh umat Muslim. Berikut adalah hikmah puasa Ramadan pada keberadaan sehari-hari.

Hikmah Puasa Ramadan

1.  Mendekatkan Diri untuk Allah SWT

Puasa adalah bentuk ketakwaan untuk Allah SWT. Dengan menahan lapar, haus, lalu hawa nafsu selama berpuasa, umat Muslim dapat meningkatkan kekuatan hubungan lalu semakin mendekatkan diri terhadap Allah SWT. Puasa mengajarkan pentingnya kesabaran, ketekunan, juga pengendalian diri di hidup.

2. Pengendalian Diri

Selama bulan Ramadan, umat Muslim diajarkan untuk mengendalikan diri dari godaan makanan serta minuman dari fajar hingga matahari terbenam. Ini adalah melatih disiplin diri lalu kemampuan untuk menahan diri dari hal-hal yang digunakan bukan bermanfaat atau bersifat negatif.

3.  Meningkatkan Rasa Syukur

Dengan merasakan lapar lalu haus selama berpuasa, umat Muslim menjadi tambahan bersyukur berhadapan dengan nikmat-nikmat yang digunakan diberikan oleh Allah SWT. 

Dengan puasa, maka umat Islam akan menyadari akan pentingnya mensyukuri setiap nikmat yang digunakan diberikan juga menghindarkan dari sifat kikir kemudian tidak ada bersyukur.

4.  Melatih Kesabaran dan juga Keteguhan Hati

Puasa mengajarkan umat Muslim untuk bersabar pada menghadapi segala ujian dan juga cobaan yang dimaksud datang. 

Dengan menahan lapar serta haus selama berpuasa, umat Muslim dilatih untuk tetap memperlihatkan tenang dan juga tabah di menghadapi berbagai tantangan pada hidup.

5.   Membersihkan Hati serta Jiwa

Ibadah puasa dapat menyucikan rohani maupun jasmani sehingga dapat membantu membersihkan hati lalu jiwa dari segala hal yang dimaksud negatif lalu tidaklah berguna. 

Selain itu, puasa yang mana dilaksanakan dengan iman juga harapan akan ridha Allah SWT juga dapat membantu membersihkan hati lalu jiwa, sehingga dosa-dosa masa lalu dapat diampuni oleh Allah SWT.

6.  Menanamkan Rasa Empati

Hikmah puasa pada hidup sehari-hari selanjutnya adalah menanamkan rasa empati pada orang lain. Puasa mengajarkan umat Muslim untuk merasakan kemudian memahami penderitaan orang-orang yang mana kurang beruntung. 

Sehingga umat Muslim menjadi lebih banyak peka terhadap kondisi sesama yang mana membutuhkan bantuan kemudian menyokong untuk tambahan berbagi dan juga peduli terhadap orang lain.

7.  Meningkatkan Tingkat Ibadah

Bulan Ramadan adalah waktu yang mana sangat istimewa untuk beribadah. Dengan berpuasa, umat Muslim dapat tambahan fokus di melaksanakan sholat, membaca Al-Quran, serta melakukan amalan-amalan kebaikan lainnya. 

Kualitas ibadah juga meningkat oleh sebab itu kesadaran akan pentingnya bulan Ramadan sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri serta mendekatkan diri terhadap Allah SWT.

8.  Meraih Pahala lalu Maghfirah

Puasa termasuk pada rukun Islam serta menjadi salah satu amalan yang digunakan penuh pahala di area sisi Allah SWT. 

Pada bulan Ramadan, pintu-pintu surga dibuka serta pintu-pintu neraka ditutup. Dengan menjalankan puasa dengan ikhlas kemudian penuh keimanan, umat Muslim akan mendapatkan ampunan serta rahmat Allah SWT.

9. Mempererat Hubungan Sosial

Bulan Ramadan adalah waktu yang dimaksud tepat untuk mempererat hubungan sosial dengan keluarga, tetangga, lalu teman-teman. 

Berbuka puasa bersama, berbagi makanan, serta memberikan sedekah terhadap yang membutuhkan merupakan bentuk kebersamaan lalu solidaritas yang dimaksud dapat menguatkan tali silaturahmi.

10.  Meningkatkan Mutu Hidup

Dengan menjalankan puasa secara benar kemudian penuh keimanan, umat Muslim dapat merasakan berbagai faedah kemudian hikmahnya di keberadaan sehari-hari. 

Puasa dapat menyebabkan inovasi positif pada perilaku, sikap, lalu pola pikir sehingga membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

RIZKI DEWI AYU

Pilihan Editor: Perbanyak Minta Ampun Kepada Allah di dalam 10 Hari Kedua Puasa Ramadan, Apa Saja Keistimewaan Lain?

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *