3 Doa Shahih Buka Puasa, Ini adalah Bacaan Arab juga Latin, juga Artinya

Syariah5 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta, CNBC Indonesia – Umat Muslim pada seluruh dunia berada dalam menjalankan ibadah puasa. Rasulullah SAW bersabda, “Bagi orang yang dimaksud berpuasa ketika sedang berbuka ada doa yang digunakan tak akan tertolak.” Demikian menurut menurut riwayat HR Tirmidzi, dari Abdullah bin Amr bin al-Ash.

Dan, mengutip buku “Puasa Bukan Hanya Saat Ramadhan” karya Ahmad Sarwat Lc, salah satu keutamaan membaca doa berbuka puasa adalah tak akan tertolak doa yang tersebut dipanjatkannya.

Membaca doa berbuka puasa juga termasuk adab sunah di puasa, menurut Maryam Kinanti N di bukunya yang dimaksud berjudul Dahsyatnya 7 Puasa Wajib, Sunnah, lalu Thibbun Nabawi. Sebagian umat Muslim kemungkinan besar belum cara tahu membaca doa mengungkap puasa yang mana shahih ketika hendak membatalkan atau mengakhiri ibadah puasa dalam bulan Ramadan.

Berikut bacaan doa menerbitkan puasa yang tersebut umum digunakan oleh Muslim:

Doa ini merupakan doa yang tersebut diucapkan oleh Rasulullah SAW seperti tertuang di hadis riwayat Imam Bukhari lalu Muslim.

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah serta dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.

Namun, hadits riwayat Abu Daud menyebutkan Rasulullah membacakan doa berikut ini ketika berbuka puasa.

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruqu wa tsabatal ajru insyaa-allah.

Artinya: Telah hilang rasa haus kemudian urat-urat telah lama basah juga pahala akan masih insya Allah.

Kendati begitu, Muslim juga dapat menggabungkan kedua doa berbuka puasa yang dimaksud seperti yang tertuang di Kitab Hasyiyatul Bujairimi karya Sulaiman Bujairimi sebagai berikut.

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ، وَبِكَ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شاءَ اللهُ. يا وَاسِعَ الفَضْلِ اِغْفِرْ لِيالحَمْدُ لِلهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ.

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu, wa bika amantu, wa bika wa ‘alaika tawakkaltu. Dzahabaz zhama’u, wabtallatil ‘uruqu, wa tsabatal ajru, insya Allah. Ya wasi’al fadhli, ighfir li. Alhamdulillahil ladzi hadani fa shumtu, wa razaqani fa afthartu.

Artinya: Tuhanku, hanya saja untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab lalu kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga sudah pergi. Urat-urat telah lama basah. Dan insya Allah pahala telah tetap. Wahai Zat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang tersebut memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang digunakan memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya.

Lalu, kapan doa itu dibaca?

Memang, ada perbedaan dalam kalangan ulama terkait waktu membaca doa berbuka puasa. Sejumlah pendapat menyatakan, doa berbuka puasa dibaca setelahnya seseorang berbuka atau pertama kali membatalkan puasa dengan air, kurma, atau semacamnya.

Pendapat ini didasarkan melawan kata kerja yang tersebut tertera di doa berbuka puasa yang digunakan berbentuk lampau (fi’il madhy). Seperti di lafadz kedua yang mana artinya, “Telah hilang rasa haus, dan juga urat-urat telah terjadi basah juga pahala telah dilakukan tetap, insya Allah.”

Sementara itu, sebagian ulama mengatakan, doa berbuka puasa diucapkan sebelum berbuka puasa serta sebagian yang tersebut lain tidak ada menetapkan waktu membacanya.

Di sisi lain, sebagian umat Muslim mungkin saja belum cara tahu membaca doa mengungkap puasa yang shahih ketika hendak membatalkan atau mengakhiri ibadah puasa dalam bulan Ramadan.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *