3 Surat Al-Quran yang Dianjurkan Dibaca ketika Bulan Ramadan

Syariah48 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Dari begitu sejumlah surat atau surah pada Alquran, beberapa di area antaranya mempunyai keutamaan yang dimaksud istimewa untuk dibaca selama bulan Ramadan.

Surat Al-Quran yang dimaksud bagus untuk dibaca selama bulan Ramadan tentunya dapat Anda lantunkan ketika tadarus atau menjalankan shalat wajib serta sunnah.

Dilansir dari NU Online serta beberapa sumber lainnya, berikut surah Al-Quran yang digunakan dapat Anda baca lantaran mempunyai arti baik seputar kemuliaan puasa Ramadan.

Surah Al-Baqarah ayat 185

Surah pertama yang digunakan dapat Anda baca adalah Al-Baqarah ayat 185, yang dimaksud memberikan anjuran tentang menjalankan puasa dan juga memberikan peringatan serius tentang qadha.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Latin: Syahru ramadaanallazii unzila fiihil-qur’aanu hudal lin-naasi wa bayyinaatim minal-hudaa wal-furqaan, fa man syahida mingkumusy-syahran falyasum, wa man kaana mariidan au’alaa safarin fa’iddatum min ayyaamin ukhar, yuriidullaahu bikumul yusra wa laa yuriidu bikumul usra wa litulmilul’iddata wa litukabbirullaaha’alaa maa hadaakum wa la’allakum tasykurun.

Artinya: “Bulan Ramadan adalah bulan yang tersebut didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia kemudian penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu juga pembeda antara yang benar kemudian yang digunakan batil. Karena itu, barang siapa pada antara kamu ada di dalam bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau pada perjalanan ia tidak ada berpuasa, maka wajib menggantinya sebanyak hari yang mana ditinggalkannya itu, pada hari-hari lain.”

“Allah menghendaki kemudahan bagimu, kemudian tidaklah menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya kemudian mengagungkan Allah melawan petunjuk-Nya yang dimaksud diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur. (QS. Al-Baqarah ayat 2:185).”

 

Surah Al-Baqarah Ayat 286

Surah Alquran yang digunakan bagus dibaca ketika bulan Ramadan ini mengandung pembahasan mengenai ampunan dosa sebagaimana keutamaan Ramadan yaitu bulan penuh ampunan.

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

La yukallifullahu nafsan illa wus’aha, laha ma kasabat wa’alaiha maktasabat, rabbana la tu akhizna in nasina au akhta na, rabbana wa la tahmil alaina isran kama hamaltahu alalazina ming qablina, rabbana wa la tuhammilna ma la taqata lana bih, wa’fu anna, wagfir lana, war hamna, anta maulana, fansurna ‘alal qaumil kafirin.

Artinya: “Allah bukan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala dari kebajikan yang digunakan diusahakannya juga ia mendapat siksa dari kejahatan yang digunakan dikerjakannya. Mereka berdoa, Ya Tuhan kamu, janganlah Engkau hukum kamu jikalau kami lupa atau kami tersalah.”

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan untuk kami beban yang mana berat sebagaimana Engkau bebankan untuk orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan untuk kami apa yang dimaksud tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan juga rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang mana kafir.”

Surah Al-Qadr

Salah satu surah Al-Quran yang tersebut sangat baik untuk dibaca selama bulan Ramadan adalah Surah Al-Qadr. Surah ini, yang dimaksud terdiri dari 5 ayat, menyebabkan arahan yang digunakan sangat penting tentang di malam hari Lailatul Qadr, di malam hari yang lebih banyak baik dari seribu bulan.

ِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِوَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗلَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗتَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛسَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Inna anzalnahu fi lailatil qadr, wa ma adraka ma lailatul qadr, lailatul-qadri khairum min alfi syahr, tanazzalul mala ikatu war ruhu fiha bi izni rabbihim, min kulli amr, salamun hiya hatta mala’il fajr.

Artinya: “Sesungguhnya kami telah terjadi menurunkannya Alquran pada di malam hari qadar dan juga tahukah kamu apakah di malam hari kemuliaan itu? Waktu senja kemuliaan itu lebih besar baik dari seribu bulan, pada di malam hari itu turun para malaikat juga Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah di malam hari itu sampai terbit fajar.”

Itulah ketiga surah Al-Quran yang mana bagus dibaca pada waktu bulan Ramadan serta diamalkan di menjalani ibadah sehari-hari.

Dengan membaca Surah Al-Baqarah ayat 185, Surah Al-Qadr, juga Surah Al-Baqarah ayat 286 selama bulan Ramadan, kita diberi panduan yang tersebut sangat berharga tentang penyelenggaraan puasa, keutamaan di malam hari Lailatul Qadr, kemudian anjuran untuk menjalankan ibadah puasa. Melalui ayat-ayat suci ini, kita dipandu untuk mendekatkan diri untuk Allah SWT, memperdalam pemahaman agama, juga menguatkan keimanan dan juga ketaqwaan kita.

Artikel Selanjutnya Surat An-Nas Ayat 1-6 Beserta Terjemahan juga Keutamaan

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *