5 Cara Atasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Syariah69 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Ketika menjalani ibadah puasa, sistem kekebalan tubuh dapat mengalami penurunan akibat inovasi pada pola makan dan juga aktivitas. Ini adalah menyebabkan tubuh menjadi tambahan rentan terhadap infeksi oleh virus serta bakteri sehingga sanggup menyebabkan berbagai penyakit, termasuk radang tenggorokan.

Kondisi ini tentu sekadar dapat mengganggu kenyamanan selama berpuasa. Selain itu, kurangnya asupan cairan selama puasa sanggup memproduksi tenggorokan terasa kering. Seiring berjalannya waktu, kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi sebab tubuh tidaklah mendapatkan cairan selama beberapa jam. Akibatnya, produksi air liur berkurang, menyebabkan kerongkongan kering juga kemungkinan besar terasa gatal atau sakit. Keadaan ini juga dapat dipengaruhi oleh udara kering, memproduksi kelembaban dalam kerongkongan berkurang, lalu menyebabkan iritasi.

Namun, bukan perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi permasalahan ini tanpa mengganggu ibadah puasa Anda. Berikut adalah lima cara efektif mengatasi sakit tenggorokan pada waktu berpuasa:

1. Berkumur dengan Air Garam

Untuk menurunkan ketidaknyamanan di tempat tenggorokan, disarankan untuk berkumur dengan larutan air garam. Prosedur ini terbukti efektif di meredakan iritasi juga peradangan pada tenggorokan. Saat sahur, berbuka, atau sebelum tidur adalah waktu yang tersebut tepat untuk melakukan kumur-kumur dengan air garam hangat.

Penting untuk tidaklah menelan larutan tersebut, cukup berkumur hingga merasa air garam menyentuh tenggorokan. Dengan demikian, proses ini dapat membantu menurunkan pembengkakan dan juga membasmi bakteri pemicu infeksi tenggorokan.

2. Gunakan Masker dan juga Kurangi Bicara

Penting untuk menyadari bahwa sejumlah berbicara ketika berpuasa dapat meningkatkan rasa haus, khususnya lantaran kerongkongan dapat menjadi kering tanpa adanya asupan cairan selama berjam-jam. Semakin kerap berbicara maka akan memperparah rasa sakit pada tenggorokan. Oleh dikarenakan itu, disarankan untuk mengempiskan aktivitas bicara pada waktu mengalami radang tenggorokan ketika sedang berpuasa. Tidak lupa untuk selalu menggunakan masker pada waktu beraktivitas di area luar ruangan, agar terlindung dari kuman, debu, lalu partikel asing lain faktor iritasi pada tenggorokan.

3. Konsumsi Makanan kemudian Minuman Hangat

Makanan dan juga minuman berkuah kemudian bersuhu hangat diyakini mampu memberikan bantuan pada tenggorokan dan juga menghurangi rasa bukan nyaman akibat peradangan di tempat tenggorokan. Hal ini termasuk salah satu cara alami untuk meredakan kesulitan tenggorokan serta masih diandalkan hingga sekarang. Usahakan untuk memilih makanan sahur juga berbuka yang mana mudah ditelan agar beban pada kerongkongan tidaklah terlalu berat. Hindari makanan berminyak, kerupuk, atau makanan berkuah kental sebab sanggup memperparah kondisi tenggorokan.

4. Menggunakan Pelembab Udara

Jika suasana di dalam ruangan atau cuaca terasa kering, maka dapat menurunkan kadar air liur kemudian lendir pada kerongkongan, yang dimaksud sanggup memperparah peradangan. Oleh dikarenakan itu, sebaiknya hindari ruangan yang tersebut udaranya kering lalu tempat terbuka. Jika memungkinkan, pasang pelembab udara (air humidifier) dan juga hindari pengaplikasian kipas angin. Taruh pelembab udara di dalam kamar tidur pada waktu tidur untuk membantu meredakan gejala sakit tenggorokan.

5. Konsumsi Antibiotik lalu Istirahat yang dimaksud Cukup

Melansir dari News in Health, antibiotik mampu digunakan untuk mengobati radang tenggorokan yang tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri, tetapi tidak ada akan efektif untuk infeksi virus. Walau demikian, pemanfaatan antibiotik pada waktu berpuasa sebaiknya cuma dilaksanakan berdasarkan petunjuk lalu resep dari dokter atau tenaga medis. Saat menjalani puasa, pastikan Anda mendapatkan istirahat cukup pada waktu malam hari lalu hindari aktivitas yang mana terlalu melelahkan di tempat siang hari. Hal ini akan membantu memperbaiki kemudian menguatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mempercepat proses penyembuhan tenggorokan.

Mengalami sakit tenggorokan  ketika berpuasa sanggup mengganggu, tetapi dengan mengikuti saran-saran pada atas, Anda dapat menghurangi ketidaknyamanan dan juga iritasi pada kerongkongan. Pastikan untuk masih terhidrasi, berkumur dengan air garam hangat, mengonsumsi makanan lalu minuman yang tersebut hangat, istirahat yang digunakan cukup, dan juga menggunakan pelembab udara jikalau diperlukan. Dengan perawatan tepat, Anda dapat menjalankan ibadah dengan fokus tanpa terganggu oleh sakit tenggorokan. Semoga saran ini berguna kemudian selamat menjalankan ibadah puasa!

MAGDALENA NATASYA

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *