5 Masjid dalam Eropa yang dimaksud Diubah Jadi Gereja, Apa Saja?

Syariah31 Dilihat

IDN Bisnis

  • 1. Masjid Al-Dabbagin
  • 2. Masjid Agung Sevilla
  • 3. Masjid Aljama Martulah
  • 4. Masjid Al-Mardum
  • 5. Masjid Al-Ta’ibin

Jakarta – Kehidupan dunia berjalan secara dinamis. Salah satu faktor yang digunakan memengaruhi terkadang adalah kondisi kebijakan pemerintah tergantung siapa yang digunakan berkuasa serta ideologi atau kepercayaan yang mana dominan.

Sejarah dunia mencatat kebijakan yang mana dipengaruhi oleh hal ini dapat terjadi di tempat segala aspek, salah satunya mengubah masjid menjadi gereja. Tercatat, ada 5 masjid di tempat Eropa yang diubah jadi gereja.

Apa saja?

1. Masjid Al-Dabbagin

Tempat ini berada di tempat Toledo, Spanyol. Mengutip situs Islamic Landmark, bangunan ini dibangun pertama kali pada abad ke-10 ketika Toledo berada di tempat bawah kekuasaan Bani Umayyah, tepatnya era Khalifah Abd al-Rahmman III. Saat itu memang benar penguasa Islam berhasil menguasai tanah Eropa, khususnya Spanyol, sehingga pembangunan masjid jadi sesuatu yang dimaksud lazim.

Masjid Al-Dabaggin sendiri miliki tiga aula solat lalu menara tinggi untuk menyiarkan adzan. Arsitekturnya pun mempunyai dekorasi khas Arab yang dimaksud identik dengan Islam. Akan tetapi, pada awal abad ke-11, terjadi pembaharuan kekuasaan.

Kebangkitan Raja Alfonso VI dari Leon serta Kastila yang dibarengi melunturnya pengaruh Islam menimbulkan Masjid Al-Dabbagin diubah jadi Gereja San Sebastian. Seiring waktu, pemugaran pun dilaksanakan penguasa untuk mengubah fungsi seutuhnya menjadi gereja.

Kini, Gereja San Sebastian telah tak difungsikan sebagai gereja, melainkan sudah ada jadi museum.

2. Masjid Agung Sevilla

Dalam paparan Sevilapedia, masjid Agung Sevilla didirikan pada abad ke-8 oleh Muslim Moor selama masa kekuasaan Islam di tempat Spanyol, yang dikenal sebagai Al-Andalus. Pembangunan dimulai pada tahun 786 di dalam bawah pimpinan Emir Abd al-Rahman I. Masjid ini kemudian mengalami perluasan serta modifikasi oleh penguasa-penguasa Moor selanjutnya, termasuk Al-Mu’tamid dan juga Al-Mu’tadid.

Namun, pada abad ke-13, penaklukan oleh Raja Ferdinand III dari Kastilia membuat masjid yang dimaksud berubah fungsi menjadi katedral Kristen. Setelahnya, banyak modifikasi yang dimaksud mengubah struktur masjid menjadi gereja Katolik Roma. Kini, bangunan yang disebutkan diakui sebagai Portal Warisan Planet oleh UNESCO sebagai bukti perpaduan budaya penting di sejarah Spanyol. 

3. Masjid Aljama Martulah

Masjid ini didirikan pada abad ke-9 oleh Moor selama periode yang dimaksud dikenal sebagai Emirat Cordoba. Seiring dengan penaklukan Kristen berhadapan dengan wilayah Alhama de Granada pada abad ke-15, masjid ini diubah menjadi gereja juga digunakan kembali untuk ibadah Kristen.

Sebagian besar bangunan masjid sudah mengalami transformasi, tetapi beberapa elemen arsitektural aslinya masih dapat dilihat sampai sekarang. 

4. Masjid Al-Mardum

Masjid ini dibangun di dalam Toledo pada abad ke-11 selama masa kekuasaan Islam dalam Spanyol berhadapan dengan perintah Al-Mamun dari Kordoba. Namun, setelahnya penaklukan Toledo oleh Raja Alfonso VI dari Kastilia pada tahun 1085, Masjid Al-Mardum diubah menjadi gereja Kristen kemudian diberi nama “Iglesia de Santa María la Blanca”.

Perubahan ini melibatkan perubahan struktural arsitektur Islam ke Kristen imbas inovasi fungsi bangunan. Sampai sekarang, bangunan ini masih eksis berdiri pada Spanyol dan juga jadi situs bersejarah.

5. Masjid Al-Ta’ibin

Mengutip Madain Project, masjid yang tersebut sekarang dikenal sebagai Mesquita del Cristo de la Luz ini dibangun pada abad ke-10. Awalnya dibangun dengan nama Masjid Bab al-Mardum. Namun, pada abad ke-12, setelahnya penaklukan Toledo oleh Raja Alfonso VI dari Kastilia pada tahun 1085, masjid ini diubah menjadi gereja Kristen. Gereja ini kemudian diberi nama “Ermita del Cristo de la Luz”.

Sama seperti masjid lain yang tersebut telah disebutkan, masjid ini juga terdampak perubahan fundamental sesuai fungsinya dari masjid ke gereja. Banyak hiasan-hiasan yang mana dimodifikasi menyesuaikan praktik ajaran Kristen.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Rangkuman berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *