5 Menu Takjil Buka Puasa Sepanjang Ramadan di tempat Jawa Tengah

Syariah21 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Periode Ramadan bukan cuma menjadi momen untuk meningkatkan ibadah, tetapi juga kesempatan untuk menikmati berbagai hidangan tradisional yang tersebut khas dari berbagai wilayah dalam Indonesia.

Salah satu wilayah yang dimaksud terkenal dengan beragamnya hidangan takjil adalah Jawa Tengah. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai camilan lalu minuman yang cocok untuk berbuka puasa, memberikan sensasi kenikmatan tersendiri bagi lidah yang tersebut haus.

Berikut ini adalah lima hidangan khas Jawa Tengah yang cocok untuk takjil, dari camilan gurih hingga minuman segar yang memanjakan selera.

  1. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak merupakan salah satu camilan khas Pusat Kota Solo yang tersebut cocok sebagai takjil. Terbuat dari potongan ketupat yang digunakan disiram dengan kuah wijen putih, camilan ini menjadi pilihan yang digunakan lezat untuk berbuka.

Biasanya disajikan dengan taburan kerupuk puli atau kerupuk beras, Cabuk Rambak miliki tekstur yang unik juga rasa yang dimaksud gurih. Disarankan untuk mencicipinya di tempat pagi hari untuk pengalaman yang tersebut lebih lanjut autentik.

  1. Gempol Pleret

Gempol pleret adalah es tradisional Jawa Tengah yang mana terdiri dari adonan tepung beras berbentuk bulat putih lalu pleret yang digunakan berbentuk panjang pipih dengan rasa manis dari campuran gula jawa. Kedua jenis es ini dikukus dan juga disajikan dengan siraman santan yang dicampur dengan gula jawa, menciptakan kombinasi rasa yang tersebut gurih dan juga manis yang menyegarkan untuk takjil.

  1. Serabi Solo

Serabi Solo adalah kudapan manis khas Solo yang digunakan terbuat dari campuran tepung beras, tepung tapioka, gula, daun pandan, kemudian santan. Srabi memiliki tekstur lembut kemudian rasa manis yang tersebut khas.

Meskipun aslinya miliki rasa manis legit, pada saat ini Srabi Solo tersedia di berbagai varian rasa seperti gurih, cokelat, keju, stroberi, pandan, nangka, serta durian, cocok untuk variasi takjil pada waktu berbuka puasa.

  1. Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih adalah minuman segar yang populer di dalam Daerah Perkotaan Solo. Dilansir dari situs eksekutif Daerah Perkotaan Surakarta, berbeda dengan es dawet pada umumnya, es dawet telasih ini miliki campuran yang dimaksud lebih lanjut beragam.

Dalam satu mangkuk, terdapat cendol, ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji selasih, cairan gula, santan, juga es batu. Kombinasi rasa manis juga gurih dari santan kemudian campuran lainnya menimbulkan Es Dawet Telasih menjadi pilihan yang tersebut segar juga nikmat untuk takjil.

  1. Wedang Kacang

Wedang Kacang adalah minuman hangat khas Jawa Tengah yang digunakan cocok untuk takjil. Terbuat dari campuran kacang tanah, gula merah, gula pasir, kemudian ketan, wedang kacang mempunyai rasa manis yang tersebut khas.

Kacang tanahnya berasal dari Borobudur lalu direbus hingga 24 jam untuk mendapatkan tekstur yang mana empuk serta rasa yang dimaksud kaya. Keunggulan wedang kacang terletak pada zat gizi yang digunakan baik untuk kesehatan, akibat tidak ada menggunakan kuah santan sehingga aman dari kolesterol.

PUTRI SAFIRA PITALOKA  | YUNIA PRATIWI | YANDI M ROFIYANDI

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *