50 penari bervariasi wilayah lolos final audisi Pagelaran Sabang Merauke

Ragam14 Dilihat

Ibukota – President Director & direktur utama iForte Ferdinandus Aming Santoso menyampaikan bahwa sebanyak 50 penari dari bervariasi wilayah di Indonesia sudah pernah dipastikan lolos audisi Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway.

"Kami mengatur 'The Audition' sehingga penari-penari berbakat pada seluruh pelosok Indonesi sanggup turut tampil di dalam pertunjukan kolosal yang mana dilakukan di panggung berstandar Internasional," kata Aming pada konferensi pers Final The Audition Pagelaran Sabang Merauke pada Jakarta, Senin. 

Aming menjelaskan, Pagelaran Sabang Merauke tahun 2024 ini membuka kesempatan bagi penari berbakat ke seluruh tempat untuk turut berpartisipasi.

Adapun sejumlah 124 penari dengan latar belakang budaya kemudian genre tari yang digunakan berbeda-beda turut ambil bagian di acara audisi.

Ia menyebut, para partisipan diwajibkan merekam diri merekan membawakan tarian wajib juga tarian kreasi yang kemudian dikirimkan terhadap panitia secara daring.

Berbagai penari ini kemudian diseleksi dengan ketat, hingga kemudian banyaknya 50 penari berhasil lolos mengikuti acara final The Audition yang digunakan akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 ke Grand Indonesia, Jakarta.

Selanjutnya, akan dipilih 22 penari yang dipastikan tampil serta bergabung dengan lebih banyak dari 300 seniman di Pagelaran Sabang Merauke pada pada tanggal 17 serta 18 Agustus mendatang.

Para badan juri terdiri berhadapan dengan penari senior Didik Nini Thowok, musisi Isyana Sarasvati, sutradara Rusmedie Agus, koreografer Sandhidea Cahyo Narpati kemudian pemerhati seni Giok Hartono.

"Ini kesempatan bagi penari berbakat pada pagelaran kolosal teatrikal dengan lebih besar dari 300 seniman musik lalu tari," ujarnya.

Lebih lanjut Aming menyampaikan, Pagelaran Sabang Merauke bertajuk "The Indonesian Broadway" merupakan pertunjukan yang digunakan diinisiasi oleh iForte kemudian BCA.

Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway sudah pernah dipentaskan sebanyak 4 kali, yaitu pada 26 Maret 2022 di Prambanan, 4-5 Juni 2022 di Djakarta Theater, 12-13 November 2022 pada Ciputra Artpreneur juga terakhir pada 19-20 Agustus 2023 di JIEXPO Jakarta.

Pagelaran yang disebutkan menggabungkan musik dan juga tari dari bermacam wilayah pada Nusantara di sebuah pertunjukan teatrikal kolosal yang digunakan menceritakan tentang perjalanan Pahlawan Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Ia menambahkan, Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway menggunakan visual serta pencahayaan berstandar internasional, juga dibawakan oleh tambahan dari 300 seniman musik kemudian tari sehingga dapat dijadikan sebagai cara untuk memperkenalkan dan juga mendidik tentang kekayaan budaya Indonesia. 

“Salah satu kekayaan Indonesi adalah seni dan juga budayanya yang tersebut sangat beragam. Dengan sejarah kepahlawanan yang luar biasa, telah seharusnya dikenalkan ke seluruh masyarakat dengan cara yang menawan kemudian gampang dicerna," katanya.

Artikel ini disadur dari 50 penari berbagai daerah lolos final audisi Pagelaran Sabang Merauke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *