51 TPS khusus lapas di tempat Sumsel layani 13.519 pemilih

Market56 Dilihat

IDN Bisnis Palembang – Sebanyak 51 tempat pemungutan pendapat (TPS) khusus dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) juga rumah tahanan negara (rutan) di dalam lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan melayani 13.519 orang narapidana/warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang berhak memilih pada pemilihan 2024.

"Hari ini 51 TPS khusus yang digunakan didirikan dalam lingkungan 20 lapas, rutan, lalu lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) dilaporkan melaksanakan pemungutan pendapat dengan aman, tertib, serta lancar sesuai dengan harapan," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di tempat Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, ribuan narapidana/WBP yang tersebar di area 20 lapas, rutan, LPKA di wilayah provinsi dengan 17 kabupaten/kota itu telah dilakukan menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani dengan baik tanpa paksaan dari pihak manapun.

"Partisipasi warga binaan di pemilihan serentak presiden/wapres lalu anggota legislatif periode 2024-2029 cukup tinggi, diharapkan hasil pilpres tahun ini sesuai harapan mayoritas rakyat," ujarnya.

Berdasarkan laporan dari kalapas kemudian karutan ada 13.519 dari total 15.895 WBP di area Sumsel mempunyai hak pilih serta berhak mencoblos di pilpres serentak tahun ini.

Ke-13.519 WBP yang tersebut memiliki hak ucapan pada Pemilihan Umum 2024 yakni 9.084 orang yang dimaksud masuk daftar pemilih tetap saja (DPT), 1.913 daftar pemilih tambahan (DPTb), lalu 2.522 daftar pemilih khusus (DPK) yang mana terdiri melawan 12.964 laki-laki dan juga 555 perempuan.

Mengenai petugas yang mana terlibat di Grup Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam lapas, rutan, dan juga LPKA, Ilham mengungkapkan pihaknya berkolaborasi dengan KPU kabupaten/kota.

"Untuk petugas KPPS-nya adalah pegawai setiap lapas serta dibantu petugas KPPS dari luar yang ditunjuk KPU. Kami juga telah lama melakukan bimbingan teknis (bimtek) juga simulasi guna kelancaran pemilu," ujarnya.

Sesuai dengan UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM Pasal 43 ayat 1 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak untuk dipilih dan juga memilih di pemilihan umum.

Untuk mewujudkan pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu berlangsung dengan aman, tertib, jujur, dan juga adil, petugas lapas lalu rutan diinstruksikan menjaga netralitas, kata Kakanwil Ilham.

Sementara pemungutan pernyataan pemilihan 2024 di tempat kawasan kompleks Perumahan YPP RT 06 Sekip Ujung, Kelurahan 20 Ilir II, Kecamatan Kemuning, terdapat 218 warga yang tersebut miliki hak pengumuman dan juga antusias datang ke TPS 06 sejak Rabu pagi.

Ketua RT 06 kompleks YPP Kelurahan 20 Ilir II Sutristiyanto mengungkapkan untuk melayani pemungutan pendapat di tempat lingkungannya didirikan TPS 06 di tempat Jalan Pedang.

Pertemuan pemungutan pendapat berlangsung dengan aman, tertib serta lancar di cuaca cukup sejuk juga mendapat kunjungan Panwas Kelurahan Sudarman, kata Ketua RT 06.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *