6 Cara Mengatasi Sensor Fingerprint di tempat HP Android yang tersebut Tidak Bekerja

Techno8 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA – Cara mengatasi sensor fingerprint di tempat HP Android yang digunakan tidaklah bekerja atau tiada berfungsi ini perlu diperhatikan, supaya ketika terjadi kesulitan dapat mengatasinya sendiri.

Saat ini sudah pernah sejumlah HP Android menggunakan layanan fingerprint demi keamanan. Meski terkesan canggih pada masanya, tidak berarti memproduksi ciri sidik jari ini bebas dari masalah.

Karena terkadang ciri ini justru tidaklah berfungsi dengan baik ketika membaca sidik jari penggunanya. Tantangan ini bisa saja disebabkan oleh berbagai hal, seperti sensor yang bermasalah, atau bahkan cache yang dimaksud menumpuk.

Meski begitu, akan tetap saja ada cara untuk mengatasi sensor fingerprint yang tersebut tidaklah bekerja ini.

6 Cara Mengatasi Sensor Fingerprint di tempat HP Android

1. Restart HP

Cara mengatasi sensor sidik jari yang tidak ada berjalan lancar di tempat HP Android, pertama ini adalah mematikan ulang perangkat. Cara ini menjadi langkah yang dimaksud paling umum diadakan ketika terjadi berbagai kesulitan di area smartphone.

2. Reset Pengaturan

Cara ini dapat dilaksanakan dengan masuk ke menu “Pengaturan” atau “setting”, kemudian pilih opsi “Manajemen Umum”, dan juga pilih opsi “Reset semua pengaturan”.

3. Mengatur Ulang Pemindaian Sidik Jari

Jika cara sebelumnya masih belum berhasil, pengguna bisa jadi melakukan pengaturan ulang terkait pemindaian sidik jari. Caranya dengan masuk ke “Pengaturan” pilih bagian “Keamanan dan juga Privasi”, lalu pilih opsi “Kunci layar”, dan juga klik pada “Sidik jari”.

Nantinya pengguna harus memasukkan kode yang mana sebelumnya telah dilakukan diatur untuk masuk ke laman selanjutnya. Setelah masuk ke menu “Sidik Jari”, hapus sidik jari yang dimaksud terdaftar serta lakukanlah scan ulang sidik jari.

4. Membersihkan Sensor Fingerprint

Fingerprint yang tersebut bukan berfungsi dengan baik ini dapat disebabkan akibat permukaan fingerprint yang tersebut kotor sehingga sensor tiada dapat membaca permukaan jari secara maksimal. Cobalah untuk membersihkan permukaan layar atau fingerprint menggunakan tisu atau kain bersih sebelum melakukan proses scanning.

5. Menghapus Cache

Cache yang mana menumpuk pada HP juga bisa saja menjadi pemicu beberapa ciri pada perangkat bukan berfungsi dengan lancar. Cobalah untuk menghapus cache di dalam semua aplikasi mobile terlebih dahulu sebelum melakukan scanning fingerprint.

6. Reset HP

Jika beberapa cara di tempat menghadapi masih belum bisa saja juga, cobalah untuk memulihkan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik. Karena biasanya, hambatan ini disebabkan oleh virus atau malware yang dimaksud menyebabkan sistem ciri di perangkat android menurun.

Namun, mengatasi smartphone ke pengaturan pabrik juga akan menghasilkan semua data smartphone menghilang. Jadi, sebelum mengatasi pengaturan smartphone, pastikan semua file penting sudah ada dipindahkan ke memori eksternal agar tidak ada terlibat terhapus.

Itulah enam cara mengatasi sensor fingerprint dalam Android yang digunakan tak bekerja. Jika memang sebenarnya masih belum dapat diselesaikan dengan cara-cara diatas, sebaiknya bawa HP ke service center terdekat supaya ditanganiolehahlinya.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *