8 Daftar Komisaris BUMN yang dimaksud Mundur Usai Jadi Timses Capres-Cawapres

Bisnis10 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA – Anggota Dewan Komisaris BUMN ramai-ramai mengajukan surat pengunduran diri, lantaran memilih bergabung di regu sukses (timses) Calon Presiden serta Calon Wakil Presiden ( Capres-Cawapres ) pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Terbaru, Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank, memilih cabut dari Komisaris Independen PT Komunikasi Jarak Jauh Indonesia Tbk (Telkom) yang digunakan dijabatinya sejak Mei 2021 lalu. Alasan mendasar gitaris grup band Slank itu sebab bergabung sama-sama timses atau memberi dukungan urusan politik untuk Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pengunduran diri dikonfirmasi secara langsung oleh Abdee pada waktu pemberitahuan Slank membantu Ganjar-Mahfud, di tempat Gang Potlot Jakarta, Hari Sabtu (20/1/2024) kemarin. Hadir di acara itu semua personil Slank, para Slankers lalu Capres-Cawapres nomor urut 3.

“Jadi saya mau disclaimer dulu. Menghindari pertanyaan, ini kok Komisaris ada di dalam sini, jadi biar bukan ada dusta dalam antara kita, untuk menghormati aturan yang digunakan ada, dan juga nilai lalu etika, per hari hari terakhir pekan kemarin jam 17.00 saya telah melayangkan surat pengunduran diri dari Telkom Indonesia,” ucap Abdee, dikutipkan Hari Minggu (21/1/2024).

Abdee merupakan satu nama dari beberapa Komisaris perseroan negara, yang tersebut memilih menjadi timses Capres-Cawapres pada pemilihan umum tahun ini, daripada melanjutkan masa jabatan merek sebagai bos BUMN.

Berikut Deretan Komisaris BUMN lainnya yang tersebut undur diri dan juga jadi timses politik:

1. Muhammad Arief Rosyid Hasan

Arief Rosyid resmi undur diri sebagai Komisaris PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI sejak November 2023 lalu. Hal ini pasca beliau ditunjuk menjadi Komandan Pemilih Muda di TKN Calon Presiden juga Wakil Presiden Prabowo-Gibran

2. Eko Sulistyo

Eko mengundurkan diri sebagai komisaris PT PLN (Persero) pada Oktober tahun lalu. Langkah itu setelahnya dirinya ditunjuk menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud.

3. Budiman Sudjatmiko

Nama lain yang tersebut cabut dari bangku Komisaris BUMN adalah Budiman Sudjatmiko. Eks politikus PDI Perjuangan itu tak lagi menjabat sebagai Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) sejak November 2023.

Aksi yang disebutkan diambil Budiman usai ditunjuk sebagai anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

4. Andi Gani Nena Wea

Pada Nomor 2023, Presiden Komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PT PP, Andi Gani Nena Wea, resmi mundur dari jabatannya. Andi Gani ingin fokus meraih kemenangan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pria yang menjabat sebagai Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) itu mundur pasca sembilan tahun menjabat sebagai Komisaris Utama pada perusahaan pelat merah pada bidang pembangunan tersebut.

5. Anggawira

Komisaris BUMN lain yang mengundurkan diri adalah Anggawira. Dia sebelumnya menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Krakatau Pipe Industries (KPI). Anggawira ketika ini bergabung pada Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas), kelompok yang mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran.

Kementerian BUMN memang sebenarnya memohon Komisaris BUMN agar mengundurkan diri, setelahnya bergabung atau masuk di pasukan sukses Capres-Cawapres pada pilpres 2024.

6. Rosan Roeslani

Rosan Perkasa Roeslani mundur sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) yang digunakan disampaikan pada, Rabu (25/10/2023) pagi. Hal ini setelahnya ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju (KIM) atau pasukan pemenang Prabowo Subianto kemudian Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu Rosan Roeslani juga resmi undur diri sebagai Wakil Menteri BUMN II. Pengunduran diri yang disebutkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) per 25 Oktober 2023 yang diterbitkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

7. Ali Masykur Musa

Komisaris Utama PT. Pelni (Persero), Ali Masykur Musa menyampaikan permohonan pengunduran diri untuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir. Hal ini pasca Cak Ali -sapaan akrab Ali Masykur Musa- menjadi salah satu Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Pasangan Calon Presiden serta Wakil Presiden Prabowo Subianto lalu Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

8. Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank

Abdee Slank, memilih cabut dari Komisaris Independen PT Komunikasi Jarak Jauh Indonesia Tbk (Telkom) yang dijabatnya sejak Mei 2021 lalu. Alasan gitaris grup band Slank itu akibat bergabung dengan timses atau memberi dukungan kebijakan pemerintah untuk Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *