ADPI Proyeksikan Pengembangan Usaha Dapen Tumbuh Hingga 6,5% pada Tahun 2024

Finansial14 Dilihat

IDN Bisnis . Tren penanaman modal lapangan usaha dana pensiun (dapen) diproyeksikan melanjutkan peningkatan yang dimaksud positif di dalam tahun 2024 ini. Memang hingga tahun 2023 lalu, bidang berhasil menumbuhkan total pembangunan ekonomi hingga 5,73% year on year (YoY).

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total pembangunan ekonomi dapen secara gabungan meningkat 5,73% YoY menjadi Rupiah 351,14 triliun hingga November 2023, dibandingkan periode yang digunakan serupa tahun sebelumnya sebesar Rupiah 332,09 triliun.

Sementara itu, hasil bidang usaha pembangunan ekonomi dapen secara gabungan juga berkembang sebesar 17,70% yoy menjadi Mata Uang Rupiah 20,74 triliun hingga November 2023, dibandingkan periode serupa tahun sebelumnya sebesar Mata Uang Rupiah 17,62 triliun.

Staf Ahli Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI), Bambang Sri Muljadi menyampaikan bahwa pada tahun 2024 ini sektor dapen masih konsisten berinvestasi pada instrumen fixed income khususnya dalam Surat Berharga Negara (SBN) kemudian Obligasi Korporasi secara selektif.

“Pertumbuhan (total pembangunan ekonomi diproyeksikan) sedikit dalam menghadapi realisasi tahun 2023 atau berkisar 6,1% sampai dengan 6,5% untuk tahun 2024,” kata beliau untuk Kontan.co.id, Kamis (25/1).

Bambang mengungkapkan, peningkatan penanaman modal dapen pada tahun 2023 ditopang oleh kupon obligasi dan juga SBN yang dimaksud menjadi hasil usaha investasi.

“(Di 2024) instrumen yang dimaksud potensial yakni saham bursa kemudian SBN dengan pemanfaatan capital gains dengan catatan tingkat suku bunga acuan Bank Indinesia berangsur turun,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bambang menambahkan, untuk menjawab tantangan penanaman modal di dalam tahun 2024 diperlukan pendanaan dari pendiri dapen serta kinerja pembangunan ekonomi dari manajer pembangunan ekonomi yang mana menjalankan dana dan juga reksadana.



Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *