Ahli BRIN Ungkap Fakta Bumi Gelap 3 Hari Mulai 8 April

Techno45 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Sebuah postingan di area berbagai platform digital menyebutkan Bumi akan gelap mulai 8 April 2024. Peneliti Ahli Utama Pusat Investigasi Antariksa Badan Investigasi dan juga Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaludin mengambil bagian angkat bicara perihal hal tersebut.

Dalam postingan yang digunakan beredar di dalam Facebook juga WhatsApp group disebutkan Bumi akan gelap selama tiga hari sejak 8 April. Hal ini disebabkan sebab Bumi masuk sabuk foton atau photon belt.

Thomas menjelaskan tak akan terjadi apapun dengan Bumi minggu depan. Menurutnya isu yang dimaksud tak miliki dasar ilmiah.

“Jelas itu hoaks. Narasi Bumi memasuki photon belt [sabuk foton] juga tidak ada dikenal di sains,” kata Thomas, ketika dikonfirmasi, Mulai Pekan (1/4/2024).

Bumi memang sebenarnya pernah mengalami kegelapan total. Penyebabnya adalah tumbukan asteroid sebesar 10 km kemudian menyebabkan gelap selama bertahun-tahun.

Tapi, Thomas mengungkapkan itu terjadi 66 jt tahun lalu. Ke depannya hingga 100 jt tahun lagi, Bumi tak akan kedatangan asteroid besar yang mana mengancam.

Bekas kawah hasil tumbukan jutaan tahun lalu itu diyakini ditemukan di area Meksiko. Tepatnya di dalam Semenanjung Yukatan yang meninggalkan kawah berdiameter 200 km.

Debu halus dan juga asap hitam tertinggal lalu menyelimuti Bumi usai kejadian tersebut. Cahaya Matahari bahkan tak mampu masuk juga menyinari Bumi, hingga menimbulkan musim dingin berkepanjangan juga terhentinya proses fotosintesis.

“Tumbuhan sebagian besar mati. Sebagian besar hewan juga mati juga punah, termasuk dinosaurus.” pungkasnya.

Artikel Selanjutnya Astronom Arab Ungkap Efek Gerhana Matahari Total Jelang Lebaran

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *