Airlangga: Sekjen Cormann temui Prabowo bahas aksesi RI ke OECD

Bisnis21 Dilihat

Sekjen Mathias Cormann juga akan bertemu dengan Presiden terpilih, Pak Menhan

Jakarta – Presiden terpilih Prabowo Subianto diagendakan bertemu Sekretaris Jenderal Organisasi untuk Kerja Sama Kondisi Keuangan serta Pembangunan (Organization for Economic Cooperation and Development/OECD) Mathias Cormann pada rangka mengkaji aksesi menuju keanggotaan penuh Indonesia pada organisasi tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Sekjen Cormann dalam Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, disertai pada jaringan Sekretariat Presiden dalam Jakarta.

"Sekjen Mathias Cormann juga akan bertemu dengan Presiden terpilih, Pak Menhan," katanya.

Pertemuan Sekjen Cormann juga Prabowo yang tersebut saat ini menjabat Menteri Perlindungan (Menhan) itu turut melibatkan Ketua DPR RI Puan Maharani, pimpinan DPR RI, Tim Nasional Aksesi OECD, Kamar Dagang juga Industri (Kadin), Asosiasi Pengusaha Indonesi (Apindo), kata Airlangga menambahkan.

Kehadiran Mathias Cormann di Nusantara juga sekaligus akan membuka workshop teknis mengenai rute aksesi OECD dengan kementerian serta lembaga terkait.

Diberitakan sebelumnya, Sekjen OECD Mathias Cormann menemui Presiden RI Joko Widodo pada Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, hari ini.

Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Area Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Duta Besar Republik Nusantara untuk Prancis, Andorra, Monako, Mohamad Oemar dan juga Delegasi Tetap Republik Indonesi untuk UNESCO, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury serta Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Saat ini Indonesi masuk ke di daftar aksesi OECD sebagai negara yang tersebut sedang berproses menjadi anggota penuh, pasca sejak 2007 Negara Indonesia telah dilakukan bermetamorfosis menjadi mitra kunci OECD sama-sama Brasil, India, China, dan juga Afrika Selatan.

Ia mengungkapkan permohonan Indonesia untuk berubah jadi negara anggota terus OECD sudah pernah diterima melalui Ministerial Council Meeting di rangka memperingati 10 tahun The OECD Southeast Asia Lokal Programme (SEARP) yang tersebut diselenggarakan pada Paris, Prancis, pada awal Mei lalu.

Menurut Airlangga, selain agar mampu pergi dari dari middle income trap, bergabung dengan OECD akan menimbulkan Indonesi mempunyai reformasi dunia usaha tahap kedua melalui kalibrasi dengan praktik terbaik dari negara lainnya.

Artikel ini disadur dari Airlangga: Sekjen Cormann temui Prabowo bahas aksesi RI di OECD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *