Alibaba Lepas 16,2 Miliar Saham GOTO, Hal ini Respons Patrick Walujo

Market21 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Patrick Walujo menyingkap pengumuman terkait aksi salah satu pemegang sahamnya, Grup Alibaba yang digunakan telah dilakukan melepas sebanyak 16,20 miliar saham emiten teknologi itu pada bulan Februari lalu. Laporan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatatkan data kepemilikan Alibaba melalui Taobao China Holding Limited di tempat GOTO pada saat ini tersisa 88,53 miliar atau sebanyak 7,37%.

“Kami di dalam GOTO bukan memiliki kendali atau informasi apapun terkait strategi manajemen portofolio dari para pemegang saham kami. Maka, dari itu kami tidak ada dapat berkomentar mengenai hal ini,” kata Patrick dalam Earnings Call GOTO, Selasa (21/3/2024) ketika ditanya terkait aksi Grup Alibaba.

Ia kemudian menyampaikan bahwa GOTO melanjutkan untuk fokus terhadap hal-hal yang dimaksud dapat dikendalikan. Yakni, menjalankan usaha dengan melaksanakan rencana-rencana kerja perusahaan.

“Kami berupaya menciptakan nilai bagi para pemegang saham dan juga para pemangku kepentingan,” kata Patrick.

Sebelumnya, Alibaba menggenggam sebanyak 104,73 miliar atau sebesar 8,72% saham GOTO.

Untuk diketahui, Taobao China Holding adalah sistem belanja online Tiongkok. Berkantor pusat dalam Hangzhou serta dimiliki oleh Alibaba.

Adapun GOTO, saham sejuta umat itu mencatatkan kerugian Rupiah 90,5 triliun sepanjang 2023. Kerugian yang dimaksud sebagian besar merupakan kerugian non tunai akibat penurunan nilai goodwill pasca perusahaan kehilangan pengendalian pada unit perusahaan Tokopedia pasca diakuisisi oleh TikTok.

Kerugian penurunan nilai goodwill GOTO pada tahun fiskal lalu mencapai Simbol Rupiah 78,77 triliun, naik signifikan dari penurunan nilai tahun sebelumnya yang berada di tempat hitungan Simbol Rupiah 11 triliun.

Secara rinci pada akhir tahun 2023 GOTO mencatatkan penurunan nilai Simbol Rupiah 73,19 triliun dari aset kegiatan bisnis e-commerce, Simbol Rupiah 5,52 triliun dari segmen jasa pengiriman juga Rupiah 49 miliar dari lain-lain.

Artikel Selanjutnya Bursa Buru Pelaku Hoaks Reverse Stock Split GOTO

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *