Anggota DPR: BUMN penting bantu perekonomian juga mengungkap lapangan kerja

Bisnis5 Dilihat

IDN Bisnis BUMN berkontribusi untuk menggerakkan ekonomi Indonesia juga membuka lapangan kerja bagi rakyat, jadi sangat penting keberadaan BUMN

Jakarta – Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade menyebut, keberadaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sangat penting untuk menggerakkan perekonomian juga membuka lapangan kerja di area Indonesia.

Hal ini disampaikan Andre merespons pandangan dari pasukan sukses (timses) salah satu pasangan calon presiden yang mana menyatakan akan mengubah BUMN kemudian menggantinya menjadi koperasi.

"BUMN berkontribusi untuk menggerakkan kegiatan ekonomi Indonesia kemudian membuka lapangan kerja bagi rakyat, jadi sangat penting keberadaan BUMN," ujar Andre pada waktu dihubungi ANTARA di dalam Jakarta, Minggu.

Andre mengungkapkan BUMN miliki tugas untuk mendapatkan keuntungan dari perusahaan-perusahaan yang dimaksud dimilikinya. Dari hasil bidang usaha tersebut, BUMN menyumbang dividen kemudian juga pajak yang digunakan disetorkan terhadap negara.

Ia menilai langkah mengubah BUMN menjadi koperasi adalah pernyataan yang gegabah. Sebab, BUMN sudah memberikan lapangan kerja terhadap 1,6 jt orang.

otoritas ketika ini, sedang gencar membuka lapangan pekerjaan baru guna mengurai pengangguran. BUMN pun disebut mampu membantu menyediakannya.

"Itu pernyataan gegabah serta akan menyebabkan kegaduhan baru. Bayangkan kalau itu dilakukan, itu berarti 1,6 jt pegawai BUMN akan menganggur, padahal sekarang pemerintah itu bagaimana langkah membuka lapangan pekerjaan juga mengurai pengangguran," kata Andre.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan pembubaran korporasi milik negara cuma akan memunculkan pengangguran baru di tempat Indonesia, mengingat sebanyak 1,6 jt orang merupakan pegawai BUMN.

"Sungguh ironis pandangan seperti itu. Jika ingin dibubarkan lalu diganti dengan koperasi, maka sejenis hanya memunculkan pengangguran baru di dalam ketika semua orang butuh lapangan pekerjaan," katanya di keterangan tertoreh yang diterima dalam Jakarta, Minggu.

Ia menyampaikan para pegawai BUMN telah terjadi membuktikan diri sebagai agen pembaharuan pada pembangunan sektor ekonomi Indonesia yang mana ketika ini pertumbuhannya mencapai 5 persen.

Menurutnya, seluruh korporasi milik negara pada tahun 2023 sudah menciptakan deviden terbesar pada sejarah di dalam Indonesia, yakni sebesar Simbol Rupiah 82,1 triliun. Sehingga keuntungan yang tersebut didapat dari BUMN sudah pernah menjadi pondasi kuat bagi perkembangan dunia usaha di area Tanah Air.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *