Apakah Marah juga Berkata Kasar Bisa Membatalkan Puasa?

Syariah15 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan yang mana dirindukan umat Islam. Selama bulan puasa, para muslimin berlomba-lomba beribadah serta berbuat kebaikan. 

Tidak hanya sekali menahan lapar kemudian dahaga mulai dari sebelum terbitnya fajar (Imsak atau Subuh) hingga terbenamnya matahari (Magrib), tetapi juga menjaga amarah. 

Nabi Muhammad SAW bersabda yang tersebut artinya, “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadan lantaran iman dan juga mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang digunakan telah dilakukan lalu.” (HR. Bukhari dan juga Muslim). 

Lalu, apakah marah dan juga berkata kasar sanggup membatalkan puasa? Ini adalah penjelasan lengkapnya. 

Marah kemudian Berkata Kasar pada waktu Puasa

Melansir Antara, marah tidak ada membatalkan puasa, tetapi menurunkan pahalanya. Ketika berpuasa, seseorang harus sanggup mengendalikan diri, termasuk menjaga lisannya agar bukan sampai mencela, menggunjing, menghardik, lalu berkata dusta. 

Hal yang disebutkan didasarkan oleh sabda Rasulullah SAW yang tersebut artinya, “Pada pada waktu kalian berpuasa hendaknya tiada berkata kotor serta tidak ada berkata kasar. Apabila ada yang mencela atau meminta berkelahi, maka katakan, ‘Aku sedang berpuasa’.” (HR. Bukhari serta Muslim) 

Senada dengan hal itu, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Munawwirussholeh Bandar Lampung, Ainul Ghoni melalui laman Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung menyatakan salah satu esensi dari ibadah puasa adalah mengendalikan hawa nafsu dari penyakit hati. Marah termasuk salah satu dari penyakit hati. 

Ketika menjalani ibadah puasa, terdapat dua hal yang mana dapat membatalkannya, yaitu batal secara zat, seperti makan serta minum. 

Kemudian, ada juga batal secara fadliyah atau keutamaan nilai ibadah. Dalam hal fadliyah, puasa dinilai sah, tetapi keutamaan ibadahnya yang digunakan tiada ada, misalnya berbohong, menyebabkan janji palsu, dan juga marah. 

Dengan demikian, marah dapat menyebabkan gugurnya pahala puasa Sebagaimana Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang mana artinya, “Betapa sejumlah orang yang dimaksud berpuasa, tetapi bukan mendapatkan sesuatu dari puasanya, kecuali lapar, lalu dahaga.” (HR An-Nasa’i) 

Kemudian, Dewan Syariah Lembaga Amil Zakat, Infak, dan juga Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ahmad Ashif Dahri juga menuturkan, apabila ada orang lain yang mana memarahi orang yang digunakan sedang berpuasa, maka orang yang tersebut berpuasa itu tak boleh membalas marah. 

“Bahkan disuruh berucap, ‘Saya sedang berpuasa’ sebanyak tiga kali,” kata Ahmad pada tayangan bertajuk Assalamualaikum Kiai: Hukum Marah-marah ketika Berpuasa di dalam Periode Ramadan yang digunakan diunggah akun YouTube NU Care-LAZISNU Cilacap, Kamis, 6 April 2023. 

Dia menambahkan, apabila ada kemarahan, maka cukup disimpan di tempat hati. “Itu saja, orang yang berpuasa tidak ada boleh marah. Hal ini mengakibatkan hilangnya pahala puasanya. Tapi bukan menjadikan puasanya batal,” ucapnya. 

Hal-hal yang tersebut Menggugurkan Pahala Puasa

Habib Zaid bin Smith pada al-Fawaidul Mukhtarah li Saliki Thariqil Akhirah menjelaskan tiga hal yang mana dapat menghilangkan pahala puasa sebagaimana dimaksud hadis riwayat An-Nasa’i pada atas. 

Pertama, orang-orang yang digunakan melakukan dosa, seperti menggunjing, berdusta, mengamati dengan syahwat (nafsu), mengadu domba, lalu melakukan sumpah palsu sebagaimana Rasulullah pernah bersabda yang dimaksud artinya, “Lima hal yang mana mampu membatalkan pahala puasa, yaitu menggunjing, mengadu domba, berbohong, meninjau dengan nafsu, dan juga sumpah palsu.” (HR. Ad-Dailami) 

Kedua, sifat riya (pamer) atau merasa bahwa ibadah puasanya tambahan baik dibandingkan orang lain. Ketiga, pahala puasa sanggup gugur apabila seseorang berbuka puasa dengan makanan haram. 

MELYNDA DWI PUSPITA 

Pilihan Editor: Waktu Terbaik Berolahraga selama Ramadan Menurut Spesialis Ortopedi

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *