Apple Bisa Pecah, Digugat otoritas Negeri Paman Sam Dituduh Monopoli

Berita Olahraga40 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Departemen Kehakiman Amerika Serikat menggugat Apple di tempat pengadilan. Ekosistem iPhone dinilai menciptakan monopoli yang digunakan membuat valuasi Apple membubung tetapi merugikan konsumen, pengembang aplikasi, lalu produsen HP lain.

Pemerintah juga membuka prospek untuk memerintahkan Apple dipecah. Pejabat pemerintah Negeri Paman Sam menyatakan merek tidaklah melakukan penutupan kemungkinan memaksa Apple memecah perusahaan jikalau gugatan jaksa dimenangkan hakim dalam pengadilan.

Gugatan pemerintah Amerika Serikat mengklaim Apple menerapkan praktik bidang usaha anti-kompetisi lewat iPhone, Apple Watch, iklan, browser, FaceTime, lalu produk-produk lainnya.

“Setiap langkah yang dimaksud diambil Apple memulai pembangunan serta meningkatkan kekuatan monopoli smartphone,” tulis pemerintah Negeri Paman Sam pada gugatan yang dilayangkan ke pengadilan federal negara bagian New Jersey, seperti dikutipkan oleh CNBC International.

Pemerintah Negeri Paman Sam sangat jarang menggunakan Sherman Act, undang-undang anti-monopoli yang tersebut dapat digunakan untuk memaksa perusahaan swasta memecah bisnisnya. Regulasi pemecahan perusahaan ini terakhir digunakan pada 1982, untuk memaksa Bell System memecah bisnisnya.

Departemen Kehakiman AS, di siaran pers, menyatakan Apple punya banyak akal bulus untuk memaksa konsumen terus-terusan membeli iPhone seperti memblokir perangkat lunak arahan lintas platform, membatasi dompet uang digital pihak ketiga, membatasi performa Apple Watch dengan HP lain, dan juga memproduksi kegiatan yang tersebut tersedia di tempat luar App Store berjalan tidaklah mulus di area iPhone.

Gugatan pemerintah Amerika Serikat sanggup menyebabkan model bisnis wall-garden Apple, yaitu platform tertutup untuk semua produknya, berantakan. Apple sendiri menyatakan biaya operasi perusahaan akan melonjak apabila harus menuruti regulasi baru, dan juga menyebabkan merek kesulitan memperkenalkan produk-produk serta layanan baru.

Sasaran pemerintah Negeri Paman Sam adalah bidang usaha paling cuan Apple, yaitu iPhone. Apple dilaporkan meraih US$ 200 miliar dari transaksi jual beli iPhone sepanjang 2023.

Jaksa Agung Negeri Paman Sam Merrick Garland menyatakan Mahkamah Agung Amerika Serikat mendefinisikan kekuatan monopoli sebagai “kekuatan untuk mengendalikan nilai tukar atau menghapus kompetisi.”

“Seperti yang digunakan tertoreh di dalam gugatan kami, Apple mempunyai kekuatan yang disebutkan dalam pasar smartphone. Jika dibiarkan, Apple hanya saja akan menguatkan monopolinya,” kata Garland.

Artikel Selanjutnya Strategi Apple Agar iPhone Laris Setiap Tahun Dibongkar di area Pengadilan

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *