Arab Saudi Cegah Negeri Paman Sam Gunakan Wilayahnya untuk Serang Houthi

Market21 Dilihat

IDN Bisnis RIYADH – Arab Saudi telah dilakukan mengambil langkah-langkah untuk membatasi pengaplikasian tanah kemudian wilayah udaranya oleh pasukan Amerika Serikat (AS) untuk menyerang kelompok Houthi di area Yaman.

Seorang pejabat pertahanan Negeri Paman Sam mengungkapkan hal itu pada Sky News Arabia.

Pejabat yang dimaksud mengatakan, “Beberapa tindakan yang disebutkan termasuk mengizinkan pesawat tempur Amerika untuk mengisi materi bakar cuma pada pangkalan udara militer di tempat kerajaan tersebut, dan juga mengurangi Amerika menggunakan sistem pertahanan rudal merek yang tersebut ada dalam Arab Saudi untuk melawan Houthi.”

Arab Saudi tiada mengomentari pernyataan tersebut. Namun, sejak awal eskalasi dalam Laut Merah, Riyadh menolak bergabung dengan koalisi pimpinan Amerika Serikat melawan Houthi.

Lebih lanjut, pejabat pertahanan Amerika Serikat mengumumkan Washington telah terjadi menguatkan pertahanan rudalnya di area Socotra, sebagai antisipasi serangan Houthi terhadap pangkalan-pangkalan Amerika pada wilayah tersebut.

“Langkah-langkah ini bertujuan mencegat rudal jarak sangat jauh yang digunakan mungkin saja diperkenalkan Houthi,” bersamaan dengan berlanjutnya serangan Houthi terhadap kapal-kapal Israel, Amerika Serikat, lalu Inggris.

Pada November, kelompok Houthi Yaman mulai menyerang kapal-kapal yang terkait dengan negara Israel sebagai tanggapan terhadap peperangan pada Jalur Wilayah Gaza yang digunakan terkepung.

Pada Januari, ketegangan di dalam Laut Merah meningkat setelahnya Negeri Paman Sam lalu Inggris mulai menyerang situs Houthi pada Yaman.

Hal itu memacu kelompok yang disebutkan memasukkan kapal-kapal Amerika dan juga Inggris ke pada sasaran mereka.

Saudi kemudian Houthi mengadakan pembicaraan pada 2023 untuk mengakhiri konflik di tempat antara mereka, yang dimaksud dimulai pada 2015.

Banyak yang tersebut khawatir keterlibatan Saudi pada kampanye Negeri Paman Sam terhadap kelompok yang dimaksud dapat mengungkap luka lama serta memicu kembali perang.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *