Amerika Serikat Kirim Petaka Baru ke China, Blokir Biden Makin Ganas

Techno17 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – Pemerintahan Joe Biden makin gencar melumpuhkan bidang teknologi chip canggih di tempat China. Upayanya tak cuma memblokir chip juga alat pembuat chip dengan syarat Amerika Serikat ke China.

Baru-baru ini, Amerika Serikat juga memohonkan Korea Selatan untuk menyetop pengiriman chip canggih ke China. Terbaru, Belanda juga diperintahkan untuk menghentikan secara total pengiriman alat pembuat chip canggih buatan ASML ke Negeri Tirai Bambu.

Kepala Kebijakan Ekspor Amerika Serikat Alan Estevez dijadwalkan bertemu dengan pemerintah Belanda pada pekan depan untuk mendiskusikan perihal hal ini. Dalam pertemuan itu juga akan ada perwakilan dari ASML.

Washington dikatakan berencana menambah daftar pabrik pembuat chip China untuk dilarang menerima alat dari Belanda, menurut sumber dalam, disitir dari Reuters, Hari Jumat (5/4/2024).

Kementerian Luar Negeri Belanda mengonfirmasi pertemuan pekan depan, tetapi tidaklah menjabarkan topik diskusi yang mana akan digelar.

“Belanda terus-menerus mengakomodir diskusi yang mana baik dengan mitra kali. Pertemuan pada Mulai Pekan depan adalah salah satu contohnya,” kata perwakilan kementerian.

Kedutaan China dalam Washington menyatakan Beijing mengecam upaya Amerika Serikat untuk meblokade perkembangan teknologi negaranya dengan dalih mengancam keamanan nasional.

Departemen Perdagangan Amerika Serikat serta ASML menolak berkomentar perihal hal ini.

Pembatasan lebih lanjut lanjut ASML untuk mengedarkan mesin canggih ke China akan berdampak buruk bagi kedua pihak. China merupakan pangsa terbesar kedua ASML setelahnya Taiwan. Pangsa pasarnya 29% pada tahun lalu.

Sementara itu, tanpa alat pembuat chip canggih dari ASML, China akan makin sulit mengejar ketinggalan pada produksi chip canggih melawan AS.

Tahun lalu, Jepun serta Belanda telah bergabung dengan Amerika Serikat untuk melakukan pembatasan akses dagang teknologi ke China. Namun, ada lisensi khusus yang dimaksud menciptakan ASML masih sanggup mengirim alat pembuat chip ke China.

Artikel Selanjutnya China Makin Canggih, Joe Biden Bereaksi Bayar Mata Uang Rupiah 171 T

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *