ASDP tambah trip kapal layani wisatawan ke Sabang pada waktu libur panjang

Bisnis5 Dilihat

IDN Bisnis Rata-rata penumpang kapal per trip sebanyak 275 orang.

Banda Aceh – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menambah jumlah kali penyeberangan Banda Aceh – Sabang serta sebaliknya hingga lima trip untuk melayani peningkatan penumpang yang mana berwisata ke Sabang selama libur panjang Isra Mikraj kemudian Tahun Baru Imlek 2024.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Fakultas Banda Aceh Rudy B Hanafiah, Jumat, mengungkapkan peningkatan penumpang ke Pulau Weh Sabang mulai terjadi sejak Kamis (8/2) , juga diprediksikan bertahan hingga Akhir Pekan (10/2).

“Rata-rata penumpang kapal per trip sebanyak 275 orang ,” kata Rudy di tempat Banda Aceh.

ASDP Unit Banda Aceh menyiapkan dua armada kapal untuk melayani wisatawan ketika libur panjang tersebut, dengan rute penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh – Pelabuhan Balohan Sabang juga sebaliknya.

Dua kapal yang disebutkan yakni KMP Aceh Luar Biasa 2 dengan kapasitas penumpang 340 orang serta KMP BRR dengan kapasitas 250 orang.

Rudy menjelaskan penambahan trip penyeberangan dimulai pada Kamis (8/2) kemarin, dari tiga trip secara normal bertambah dua trip sehingga total menjadi lima trip dari masing-masing kapal.

"Untuk hari Hari Jumat sampai dengan Hari Minggu (9-11 Februari) direncanakan penambahan satu trip, dari normal tiga trip per hari menjadi empat trip dari setiap kapal," katanya.

Sejauh ini, lanjut Rudy, arus penyeberangan ke Sabang berjalan lancar. Kondisi cuaca masih relatif aman untuk pelayaran. Kendati demikian, pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG untuk mendapatkan perkembangan terbaru terkait cuaca.

"Sampai ketika ini untuk angkutan kendaraan masih lancar. Namun ada beberapa kendaraan yang tersebut memilih menginap dalam Banda Aceh daripada menyeberang ke Sabang pada waktu malam hari akibat belum mendapatkan kepastian untuk hotel (di Sabang, red)," ujarnya.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *