Bahana TCW sarankan warga alokasikan 20 persen THR ke pembangunan ekonomi

Finansial23 Dilihat

IDN Bisnis Perlu daftar prioritas alokasi yang disusun berdasarkan urutan keinginan dimulai dari terpenting, serta jangan lupa menyertakan poin investasi

Jakarta – PT Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW) menyarankan publik mengalokasikan sekitar 20 persen Tunjangan Hari Raya (THR) ke  pembangunan ekonomi agar manfaatnya dapat dirasakan pada jangka panjang.

Direktur Utama Bahana TCW Danica Adhitama menilai pengaplikasian THR untuk biaya mudik, belanja baju baru serta pengeluaran lainnya merupakan hal yang wajar, namun tambahan baik apabila memproduksi perencanaan alokasi THR yang dimaksud matang.

"Perlu ada daftar prioritas alokasi yang mana disusun berdasarkan urutan keinginan dimulai dari hal terpenting, lalu jangan lupa untuk menyertakan poin penanaman modal dalam dalamnya," ujar Danica di keterangan resmi di tempat Jakarta, Sabtu.

Merujuk pada hasil kajian analisa big data yang dijalankan oleh Continuum Indonesia dan juga Indef pada 2021, bahwa 90 persen uang THR pekerja Indonesia diluangkan untuk belanja.

Pada ketika yang tersebut sama, cuma 6,6 persen dana yang digunakan digunakan untuk menabung serta berinvestasi.

Kajian ini juga mencerminkan bahwa pola pikir publik terhadap THR yang tersebut belaka digunakan lalu harus habis untuk keperluan lebaran perlu diubah.

“Pola pikir di menjalankan THR perlu diubah. Anggapan bahwa THR yang digunakan menghasilkan pendapatan mendekati lebaran meningkat dua kali lipat dari bulan-bulan lainnya lalu harus diluangkan untuk memenuhi keperluan mendekati lebaran perlu ditekan," tutur Danica.

Oleh oleh sebab itu itu dengan daftar prioritas, lanjutnya, warga bisa saja mengatur pengeluaran sesuai keinginan dan juga sesuai dengan rencana.

Lebih lanjut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga merekomendasikan sebesar 20 persen dari THR dialokasikan sebagai investasi.

Danica menjelaskan bahkan OJK merekomendasikan sejak awal diterima sebaiknya segera menggunakan THR untuk melunasi utang kemudian cicilan produktif.

Setelah itu dilanjutkan dengan menyisihkan 20 persen untuk penanaman modal juga sisanya dapat untuk memenuhi keperluan lebaran.

Khusus untuk 20 persen alokasi investasi, terdapat beberapa alternatif penanaman modal jangka pendek ataupun jangka panjang yang mana dapat menjadi pilihan agar kegunaan THR dapat dirasakan lebih tinggi lama.

Penanaman Modal jangka pendek bisa saja dalam bentuk reksa dana lingkungan ekonomi uang yang dimaksud diinvestasikan pada instrumen lingkungan ekonomi uang atau surat berharga dengan jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Sedangkan penanaman modal jangka lebih banyak panjang juga bisa jadi dilaksanakan reksa dana saham atau obligasi pemerintah, pembangunan ekonomi jenis ini biasanya memberikan peluang keuntungan yang digunakan lebih lanjut besar dengan jangka waktu pada menghadapi 5 tahun.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *