Banjir Melanda Tiga Distrik dalam Jayapura. Imbas Drainase yang dimaksud Tersumbat

Techno16 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Tiga distrik di dalam Wilayah Jayapura, Papua, terendam banjir akibat hujan berintensitas tinggi pada Selasa malam, 19 Maret 2024. Tiga distrik tersebut, antara lain Sentani, Sentani Timur, dan juga Unurumguay. Akibat tertutup lumpur, terdapat drainase yang tersebut tersumbat dan juga memproduksi air meluap ke pemukiman.  

Pada Rabu pukul 10.12 WIB. 20 Maret 2024, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wilayah Jayapura melaporkan banjir itu berdampak terhadap 158 unit rumah dan juga sekitar 101 kepala keluarga. Sebagian warga memilih mengungsi ke rumah kerabat yang tersebut lebih besar aman. Ketika keterangan resmi ini dibuat, banjir sudah ada mulai surut pada beberapa titik.

Dari catatan BPBD, aktivitas warga lokal terganggu banjir. Karena turut terendam, kegiatan belajar mengajar di dalam salah satu sekolah diliburkan. Akses sebuah jembatan di tempat Distrik Unurumguay juga terputus.

BPBD Daerah Jayapura juga pasukan gabungan sudah ada mengerahkan upaya penanganan darurat, seperti pendataan dan monitoring tempat terdampak. Pasalnya, hujan masih berpotensi turun di tempat kawasan tersebut. Ada juga upaya pembersihan material banjir.

Kepala Pusat Data, Pengetahuan serta Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB, Abdul Muhari, mengimbau pemerintah area kemudian warga untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir di area wilayah permukiman.

“Langkahnya, dengan rutin membersihkan aliran air maupun drainase, agar ketika terjadi hujan deras, air dapat mengalir dengan baik serta tiada meluap ke permukiman warga,” kata Muhari melalui keterangan tertulis.  

Pilihan Editor: BMKG Deteksi 139 Titik Panas dalam Pulau Sumatra, Riau serta Sumbar Terbanyak

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *