Bank BPD Bali menyingkap layanan terbatas samsat selama libur Lebaran

Finansial30 Dilihat

IDN Bisnis Layanan samsat itu pada unit pelaksana teknis induk

Denpasar – BUMD PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank BPD Bali membuka layanan terbatas untuk penerimaan pembayaran pajak kendaraan bermotor (samsat) kemudian pungutan wisatawan asing selama libur Lebaran 2024.

“Layanan samsat itu di dalam unit pelaksana teknis induk,” kata Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma di dalam Denpasar, Senin.

Dengan begitu, bank pelat merah milik pemerintah wilayah dalam Pulau Dewata itu tiada membuka layanan di tempat kantor cabang selama libur Lebaran.

Sementara itu, otoritas Provinsi Bali telah dilakukan menerbitkan Surat Edaran Nomor 862 tahun 2024 tentang Layanan Samsat yang dimaksud mengungkap pada 8,9,12,dan 13 April 2024 khusus pada kantor samsat induk seluruh kabupaten/kota di tempat Bali.

Layanan terbatas untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (samsat) itu tidak hingga pukul 14.00 Wita untuk 8 juga 9 April lalu pada 12-13 April membuka hingga pukul 13.00 Wita.

Sedangkan layanan samsat pada 15 April 2024 tetap saja dibuka dalam seluruh layanan samsat di area kabupaten/kota di tempat Bali.

Kemudian pada 10 juga 11 April, layanan samsat tutup sehubungan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dengan adanya layanan terbatas yang dimaksud diharapkan memudahkan wajib pajak menunaikan kewajiban membayar pajak termasuk mendongkrak penerimaan asli area (PAD).

Sementara itu, Bank BPD Bali juga tetap saja menerima pungutan wisatawan asing sebesar Rp150 ribu per orang per kunjungan.

Berdasarkan data Dinas Peluang Usaha Pariwisata Provinsi Bali sejak 7 Februari hingga 8 April 2024 sekitar pukul 09.00 Wita, sudah ada terkumpul Rp51 miliar yang mana dibayarkan oleh 340 ribu wisatawan asing.

Di sisi lain, Bank BPD Bali juga mengalokasikan sebanyak Rp600 miliar uang tunai untuk mengisi mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Jumlah itu meningkat 50 persen dibandingkan tahun 2023 mengingat libur nasional kemudian cuti dengan yang digunakan cukup panjang yakni pada 8-15 April 2024.

Dia menjelaskan uang tunai itu dialokasikan untuk mengisi 238 unit ATM dan juga mesin setor/tarik tunai (CRM) di dalam seluruh Bali juga kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, penyediaan uang tunai itu juga untuk pembayaran pendapatan dan juga tunjangan hari raya (THR) PNS di area Bali.

Selama libur panjang itu, seluruh ATM lalu CRM beroperasi normal yang digunakan dapat melayani penarikan, penyetoran juga operasi pembayaran lainnya, termasuk mengoptimalkan kanal pembayaran digital/non tunai pada antaranya layanan mobile banking serta Balipay.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *