Bank Planet dorong efisiensi penerimaan pajak serta kualitas belanja

Finansial21 Dilihat

Reformasi untuk meningkatkan mobilisasi pendapatan di negeri tetap berubah menjadi prioritas utama

Jakarta – Bank Planet (World Bank) merekomendasikan efisiensi penerimaan pajak untuk meningkatkan pendapatan negara juga efisiensi kualitas belanja negara.

"Reformasi untuk meningkatkan mobilisasi pendapatan di negeri terus menjadi prioritas utama," kata ekonom senior di dalam Bank Bumi Wael Mansour terkait Laporan Prospek Perekonomian Negara Indonesia edisi Juni 2024 terhadap media ke Jakarta, Senin.

Penerapan Undang-undang (UU) Harmonisasi Perpajakan akan membantu upaya tersebut. Namun, mengingat kesenjangan pajak sebesar 6 persen dari barang domestik bruto (PDB), reformasi tambahan untuk memperluas basis pajak, meningkatkan kepatuhan, serta menghurangi meluasnya informalitas pada kalangan dunia bidang usaha akan menjadi hal yang digunakan penting.

Reformasi khusus dapat mencakup penurunan ambang batas pajak, peninjauan kembali pengecualian pajak khususnya yang dimaksud tak menguntungkan rakyat miskin juga kelas menengah, juga meningkatkan kepatuhan termasuk melalui upaya berbagi data dengan pihak ketiga.

Dalam jangka menengah, lanjut Wael, pengumpulan pajak juga dapat ditingkatkan melalui data pihak ketiga yang tersebut membantu melacak juga memverifikasi pendapatan.

Selain keperluan untuk meningkatkan pendapatan, peningkatan kualitas belanja juga merupakan hal yang digunakan sangat penting, teristimewa untuk pengamanan sosial, kesehatan, kemudian peningkatan sumber daya manusia.

"Hal ini dapat dilaksanakan dengan mengalihkan sumber daya dari acara serta subsidi yang kurang efektif, seperti subsidi energi, untuk dibelanjakan pada proteksi sosial yang digunakan bermanfaat bagi seluruh komunitas Negara Indonesia pada seluruh siklus hidup mereka. Sistem yang dimaksud ada seperti asuransi kebugaran nasional juga dapat dimanfaatkan," ujarnya.

Artikel ini disadur dari Bank Dunia dorong efisiensi penerimaan pajak dan kualitas belanja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *