Bank Planet rekomendasikan RI perkuat kebijakan perdagangan hijau

Bisnis12 Dilihat

IDN Bisnis Intensitas karbon pada perdagangan Indonesia sudah ada berhasil ditangani dengan baik sejak 2005

Jakarta – Bank Bumi merekomendasikan Indonesia untuk menguatkan kebijakan perdagangan yang tersebut mengarah pada perubahan hijau.

Country Director World Bank Indonesia and Timor Leste Satu Kahkonen menyatakan Indonesia sudah pernah menunjukkan kemajuan yang digunakan baik di memanfaatkan perdagangan untuk perubahan hijau, namun perlu adanya penguatan untuk mengatasi beberapa tantangan yang mana menghambat perubahan tersebut.

“Intensitas karbon pada perdagangan Indonesia telah berhasil ditangani dengan baik sejak 2005. Akan tetapi, Indonesia pada hal daya saing serta ekspor barang dan juga teknologi hijau belum mampu memenuhi permintaan. Hal ini membutuhkan tindakan lebih lanjut lanjut,” kata Kahkonen pada Strategic Issues Diskusi on Trading Towards Sustainability dalam Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan ada tiga hal yang tersebut perlu menjadi perhatian Indonesia. Pertama, peningkatan permintaan global juga domestik untuk barang kemudian teknologi hijau memberikan prospek yang signifikan bagi Indonesia.

Menurutnya, Indonesia memiliki kemungkinan yang tersebut signifikan untuk melakukan diversifikasi produk-produk hijau dengan kompleksitas yang lebih lanjut tinggi bila dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, sehingga Indonesia sanggup memanfaatkan peluang yang disebutkan untuk memberikan keuntungan dari sisi dunia usaha serta pengatasan isu inovasi iklim.

Kedua, sektor swasta merupakan kunci di melaksanakan diversifikasi item hijau. Oleh sebab itu, pemerintah perlu menimbulkan kebijakan yang dapat memfasilitasi pelaku swasta dengan teknologi berkualitas tinggi dengan biaya yang tersebut rendah.

Selain itu, ia juga menyarankan pemerintah untuk menyederhanakan kebijakan agar dapat membantu sektor swasta pada meningkatkan skala industri mereka.

Adapun poin terakhir adalah perlunya penyelarasan kebijakan perdagangan di dalam Indonesia dengan penyelenggaraan hijau. Kahkonen menggarisbawahi pemerintahan Indonesia perlu memikirkan kebijakan yang dimaksud lebih lanjut pro terhadap kebijakan hijau.

“Ini adalah potensi kita untuk melakukan reformasi kebijakan perdagangan. Reformasi yang tersebut saya maksud sanggup mengupayakan tujuan-tujuan Indonesia jangka panjang,” tutur dia.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *