Banyak Salah Mengira, Merek Perkakas Hal ini “Made in RI” Bukan Mancanegara

Berita Olahraga66 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta, CNBC Indonesia – Perkakas atau alat-alat pertukangan biasa ditemukan di dalam material dan juga tentu cuma dijual tanpa merek atau brand. Hanya sedikit hanya perkakas yang dimaksud punya merek, seperti Bosch, Stanley, RYU, hingga Krisbow.

Biasanya merek-merek yang dimaksud berada dalam toko komponen bangunan modern yang digunakan berada dalam pusat perbelanjaan. Atas dasar inilah, sejumlah orang mengira merek perkakas yang mana ada pada sana adalah produk-produk asing.

Faktanya, perkiraan itu tak semuanya benar. Ternyata ada satu merek yang tersebut asli Indonesia, yakni Krisbow.

Krisbow berdiri pada 1998. Ini adalah merupakan singkatan dari nama orang, yakni Krisnandi Wibowo.

Krisbow dan Krisnandi sendiri terkait erat dengan Kawan Lama Group. Krisnandi adalah putra dari pendiri Kawan Lama, Wong Jin. 

Dalam situs resmi, Wong Jin adalah entrepreneur perkakas yang mendirikan toko bernama Kawan Lama di tempat tempat Glodok, Ibukota Barat, pada 1955. Toko yang disebutkan sangat kecil cuma seluas 3×3 m2.

Meski kecil, toko yang dimaksud seiring berjalannya waktu cukup moncer. Kuncoro Wibowo alias Wong Jit Khioen jadi tokoh kunci perusahaan setelahnya Wong Jin. Sebagai catatan, Kuncoro adalah putra dari Wong Jin. 

Mengutip Tatler Asia, Kuncoro diketahui sudah ada sejak lama membantu ayahnya mengurusi toko. Selama proses itu, ia belajar sejumlah tentang bahasa Inggris, bahasa Mandarin, juga negosiasi dengan penyuplai luar negeri. 

Selain itu, ia juga tercatat pernah menempuh sekolah di tempat London Business School pada 1977. Alhasil, ketika ayahnya wafat pada 1981, Kuncoro-lah yang tersebut paling siap mengatur operasional perusahaan.

Di tangan Kuncoro, Kawan Lama melesat. Dia melakukan berbagai modernisasi yang dimaksud memacu kerjasama dengan perusahaan-perusahaan luar negeri. Perkembangan ini tentu sekadar didukung oleh hal mendasar, yakni membaiknya iklim usaha di tempat Indonesia.

Sejak Presiden Soeharto berkuasa, perusahaan tiap perusahaan bisa jadi berjalan dengan baik lantaran stabilitas urusan politik dikendalikan juga pertumbuhan sektor ekonomi digenjot.  Alhasil, semua itu menimbulkan banyak perusahaan dapat bergeliat, salah satunya Kawan Lama.

Tak heran, perusahaan mengatakan dalam era 1980-an, Kawan Lama bertransformasi menjadi PT Kawan Lama Sejahtera, berani membuka sejumlah cabang, juga menciptakan usaha baru di dalam era setelahnya. Mulai dari Kaeser (1991), ACE Hardware (1995), kemudian tentu sekadar Krisbow (1998).

Sampai sekarang, Kawan Lama masih eksis lalu mengendalikan lebih besar dari 30 merek bidang usaha serta 1.200-an toko. Selain Krisbow, komoditas lain dari Kawan Lama yang tersebut terkenal adalah toko perabot bernama Informa dan item minuman, Chattime. 


Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *