Bea Cukai Kalbagsel himpun penerimaan Rp539 miliar di 2023

Market32 Dilihat

Banjarmasin – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea kemudian Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel) berhasil menghimpun penerimaan negara mencapai Rp539.499.102.585 atau lebih besar kurang Rp539 miliar sepanjang tahun 2023.

"Penerimaan dari sektor bea masuk, bea pergi dari serta cukai," kata Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea serta Cukai Kalbagsel Dwijo Muryono dalam Banjarmasin, Rabu.

Dwijo merinci penerimaan itu terdiri dari sektor bea masuk Rp141.326.585.000, bea meninggalkan Rp538.347.900.000 dan juga cukai Rp1.009.876.000.

Dia mengumumkan tahun 2023 berubah menjadi tonggak kebangkitan bagi pihaknya di upaya menggalang pemulihan perekonomian nasional.

Selama tahun tersebut, melalui beragam upaya juga dukungan bervariasi pihak di menjalankan tugas juga fungsinya sebagai revenue collector (pengumpul pendapatan).

Beragam prestasi pun ditorehkan di dalam antaranya meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2023, peluncuran perangkat lunak layanan "Lemons", menggagalkan penyelundupan 360 kg sisik trenggiling, penghargaan melawan upaya P4GN, dan juga penghargaan internasional WCO Certificate of Merit.

Sebagai bentuk rasa syukur menghadapi capaian terbaik sepanjang 2023, Kanwil Ditjen Bea kemudian Cukai Kalbagsel melalui acara Coffee Morning 2024 memberikan apresiasi untuk beberapa perusahaan yang digunakan berkontribusi secara signifikan.

Di antaranya PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk sebagai perusahaan penerima prasarana kepabeanan dengan dampak kegiatan ekonomi terbaik, PT Korindo Ariabima Sari sebagai perusahaan penerima prasarana kepabeanan dengan tingkat kepatuhan terbaik.

Kemudian PT Pertamina EP sebagai perusahaan penerima sarana kepabeanan dengan kontribusi dukungan pembaharuan pelayanan dalam bentuk lemons.

Dwijo menyatakan capaian lalu prestasi itu adalah hasil dari kolaborasi erat antara Bea Cukai, pemangku kepentingan dan juga masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih menghadapi dukungan yang telah dilakukan diberikan, dan juga berharap dapat mengukir prestasi lebih banyak baik ke tahun 2024 ini," ucapnya.

Artikel ini disadur dari Bea Cukai Kalbagsel himpun penerimaan Rp539 miliar di 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *