Beda UMP kemudian UMK yang dimaksud wajib diketahui para pekerja

Market20 Dilihat

Ibukota – Upah merupakan aspek krusial pada globus kerja. Secara umum, upah adalah imbalan dasar yang tersebut diberikan untuk pekerja sesuai dengan tingkat atau jenis pekerjaan mereka. Penetapan upah biasanya didasarkan pada kesepakatan.

Upah Minimum Provinsi (UMP) juga Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) adalah dua istilah yang tersebut banyak muncul pada bumi ketenagakerjaan dalam Indonesia.

Meskipun keduanya berhubungan dengan upah minimum yang digunakan harus dibayarkan terhadap pekerja, terdapat perbedaan signifikan antara UMP serta UMK yang tersebut penting untuk dipahami oleh pekerja juga pengusaha.

Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan UMP juga UMK:

1. Definisi UMP kemudian UMK

UMP adalah upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah provinsi lalu berlaku untuk seluruh wilayah pada provinsi tersebut.

UMP menjadi acuan dasar bagi penetapan upah dalam beragam kabupaten/kota di satu provinsi.

Sedangkan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) adalah upah minimum yang mana ditetapkan untuk masing-masing kabupaten atau kota di suatu provinsi.

UMK ditentukan berdasarkan kondisi perekonomian juga keperluan hidup minimum pada wilayah tersebut, sehingga dapat berbeda-beda antar kabupaten/kota di satu provinsi.

2. Penetapan UMP juga UMK

UMP ditetapkan oleh gubernur berdasarkan rekomendasi dari Dewan Pengupahan Provinsi. Rekomendasi ini mempertimbangkan beraneka factor seperti inflasi, peningkatan ekonomi, lalu situasi sosial sektor ekonomi di provinsi tersebut.

UMP diberitahukan paling lambat pada 21 November setiap tahunnya kemudian mulai berlaku pada 1 Januari tahun berikutnya.

Sedangkan UMK ditetapkan oleh bupati atau wali kota berdasarkan rekomendasi dari Dewan Pengupahan Kabupaten/Kota. Proses penetapan UMK juga mempertimbangkan faktor-faktor sektor ekonomi lokal juga keperluan hidup minimum pada area tersebut.

UMK biasanya diberitahukan pasca penetapan UMP, juga juga mulai berlaku pada 1 Januari tahun berikutnya.

3. Dasar Hukum

Penetapan UMP diatur di Peraturan eksekutif (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan yang mana kemudian direvisi dengan PP Nomor 51 Tahun 2023.

Peraturan ini menggariskan bahwa UMP harus ditetapkan berdasarkan formula yang tersebut mencakup variabel inflasi, perkembangan ekonomi, kemudian indeks tertentu.

Sedangkan penetapan UMK juga diatur di PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, dengan penekanan pada penyesuaian upah minimum yang tambahan spesifik sesuai dengan keadaan ekonomi lalu sosial ke tingkat kabupaten/kota.

4. Tujuan lalu Manfaat

UMP bertujuan untuk memberikan standar upah minimum yang mana dapat diterapkan secara umum di dalam seluruh provinsi.

Hal ini membantu menegaskan bahwa pekerja dalam daerah-daerah dengan kondisi ekonomi yang relatif lemah kekal mendapatkan upah yang layak.

Adapun UMK memberikan fleksibilitas yang dimaksud lebih banyak besar pada penetapan upah minimum, dikarenakan dapat disesuaikan dengan keadaan spesifik ke setiap kabupaten/kota.

Dengan demikian, UMK dapat lebih banyak akurat mencerminkan biaya hidup kemudian kondisi ekonomi di tempat tersebut.

5. Penerapan

UMP berlaku untuk seluruh pekerja pada sektor formal di dalam provinsi tersebut, kecuali ada UMK yang berlaku di kabupaten/kota tertentu.

Sedangkan UMK berlaku ke kabupaten/kota tertentu kemudian harus lebih banyak tinggi dari UMP yang berlaku di dalam provinsi tersebut. Jika suatu kabupaten/kota tidak ada menetapkan UMK, maka upah minimum yang dimaksud berlaku adalah UMP.

Memahami perbedaan antara UMP dan juga UMK sangat penting bagi pekerja lalu pengusaha. UMP memberikan standar dasar upah minimum di tingkat provinsi, sementara UMK memberikan fleksibilitas untuk penyesuaian upah sesuai dengan kondisi lokal.

Dengan mengetahui perbedaan ini, pekerja dapat melakukan konfirmasi bahwa mereka itu menerima upah yang dimaksud sesuai dengan ketentuan yang dimaksud berlaku, dan juga pengusaha perusahaan dapat menjamin bahwa mereka mematuhi peraturan ketenagakerjaan yang digunakan berlaku.

Artikel ini disadur dari Beda UMP dan UMK yang wajib diketahui para pekerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *