Belitung mengembangkan perubahan pulihkan Negeri Laskar Pelangi

Bisnis36 Dilihat

Kami terus melakukan upaya pembaharuan kegiatan untuk dapat membangkitkan sektor pariwisata ke ‘Negeri Laskar Pelangi’.

Tanjungpandan – Sekretaris Daerah Wilayah Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), MZ Hendra Caya mengatakan, pihaknya terus mengembangkan perubahan kegiatan untuk memulihkan "Negeri Laskar Pelangi"

"Kami terus melakukan upaya pengembangan kegiatan untuk dapat membangkitkan sektor pariwisata di dalam 'Negeri Laskar Pelangi' seperti kegiatan Hari Jadi Daerah Perkotaan Tanjung Pandan (HJKT) ke-186," kata MZ Hendra Caya, dalam Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, Hari Jadi ke-186 Daerah Perkotaan Tanjung Pandan (HJKT) yang digunakan mengusung tema "Bangkit Berinovasi Mengembalikan Kejayaan Wisata Negeri Laskar Pelangi", sebagai salah satu perubahan yang dapat membantu memulihkan pariwisata serta kegiatan ekonomi masyarakat.

Ia mengakui di beberapa tahun terakhir sektor pariwisata Belitung mengalami penurunan, salah satunya disebabkan pandemi COVID-19.

"Untuk memulihkan sektor pariwisata dalam "Negeri Laskar Pelangi" harus dijalankan terpadu semua pihak, sebab tidak ada akan maksimal jikalau semata-mata dilaksanakan oleh pemerintah wilayah saja," kata ia lagi.

Mengembalikan kejayaan pariwisata pada "Negeri Laskar Pelangi", kata MZ Hendra Caya, berubah jadi fokus utama peringatan tegas HJKT ke-186.

Tantangan lain yang dimaksud dihadapi pelaku pariwisata, kata dia, adalah menurunnya jumlah total tingkat kejadian penerbangan dari serta ke area itu.

Hal ini berdampak terhadap berkurangnya total kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"Saat ini masih tersisa hanya saja empat sampai lima penerbangan pada sehari," ujarnya.

Mengatasi hal itu, Pemkab Belitung telah melakukan komunikasi dengan Kementerian Perhubungan agar dapat menambah total penerbangan dari lalu ke Belitung guna meningkatkan total kunjungan wisatawan.

"Kami sudah ada komunikasikan dan juga bertemu dengan segera dengan pihak Kemenhub agar dapat menambah total penerbangan ke Belitung," katanya pula.

Dia mengkhawatirkan keadaan itu akan berdampak kritis terhadap keadaan perekonomian komunitas ke wilayah itu.

"Saat ini telah dilaporkan beberapa hotel yang digunakan juga sudah ada mengeluh, namun syukurlah dia sebagian hotel berbintang masih ada yang digunakan bertahan dalam berada dalam keadaan ketika ini," ujarnya.

Oleh oleh sebab itu itu, kata ia lagi, peringatan tegas HJKT ke-186 adalah peluang untuk memulihkan lalu mengatasi kejayaan pariwisata pada "Negeri Laskar Pelangi".

"Peringatan HJKT ke-186 ini adalah kesempatan untuk memulihkan kejayaan pariwisata Belitung secara bersama-sama," katanya.

Dia optimis, kejayaan "Negeri Laskar Pelangi" akan kembali bangkit seperti semula sehingga Belitung dikenal komunitas Indonesi bahkan dunia.

Artikel ini disadur dari Belitung mengembangkan inovasi pulihkan Negeri Laskar Pelangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *