Bengkulu terima dana tambahan dari pemerintah pusat Rp203,57 miliar

Finansial63 Dilihat

IDN Bisnis Daerah Perkotaan Bengkulu – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) menerangkan, Bengkulu menerima dana tambahan pemerintah pusat sebesar Rp203,57 miliar.

 
Dana yang disebutkan berasal dana tambahan juga kurang bayar dana bagi hasil (DBH) 2023 melalui skema Treasury Deposit Facility (TDF) atau akun pemerintahan yang dimaksud ada di area Bank Indonesia.

 

"TDF yang mana dimaksud yang dimaksud yaitu prasarana yang dimaksud disediakan oleh negara atau Menteri Keuangan untuk penyaluran Transfer Ke Daerah (TKD), biasanya untuk Dana Bagi Hasil (DBH) akhir tahun. Melalui TDF ini nanti Pemda juga mendapatkan rekomendasi sesuai dengan angkanya yang digunakan ada dalam Bank Indonesia," kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJPb Bengkulu Bayu Andy Prasetya pada Bengkulu, Sabtu.

 

Dana tambahan yang dimaksud akan disalurkan ke masing-masing pemerintah area tingkat kabupaten, kota lalu provinsi dengan alokasi dana yang digunakan berbeda-beda.

 

Bayu menyebutkan untuk pengajuan untuk pencaiaran, sesuai dengan mekanisme persyaratannya di tempat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 19 tahun 2023.

 

Dengan format pengajuan dana tambahan yang disebutkan dapat disampaikan ke Kemenkeu melalui Dirjen Perimbangan Keuangan sesuai dengan regulasi yang tersebut berlaku.

 

"Dengan begitu, untuk pencairan dana tambahan yang dimaksud terdapat beberapa mekanisme yang mana harus dipenuhi dandana Rp203,571 miliar yang disebutkan dapat tersalur ke tabungan kas daerah," ujar dia.

 

Berikut jumlah keseluruhan alokasi dana tambahan yang dimaksud diterima oleh pemerintah Bengkulu yaitu Provinsi Bengkulu Rp38,28 miliar, Wilayah Bengkulu Selatan Rp19,77 miliar.

 

Kemudian Wilayah Bengkulu Utara sebesar Rp59,93 miliar, Rejang Lebong yaitu Rp7,93 miliar, Daerah Perkotaan Bengkulu Rp12,18 miliar, Kota Kaur Rp10,05 miliar, Daerah Seluma Rp19,80 miliar.

 

Kabupaten Mukomuko Rp8,24 miliar, Wilayah Lebong Rp8,07 miliar, Kota Kepahiang Rp5,51 miliar dan juga Wilayah Bengkulu Tengah sebesar Rp13,76 miliar.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *