Berkumpul Pengusaha Brunei, Jokowi Beberkan Kemungkinan Pengembangan Usaha IKN

Market30 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan prospek penanaman modal serta rencana pemerintah di memulai pembangunan Ibu Perkotaan Nusantara (IKN) pada rapat dengan sebagian entrepreneur Brunei Darussalam pada Assarraa Guest House, Bandar Seri Begawan, Hari Sabtu (13/1/2024) malam.

“Ini adalah program strategis Indonesia serta bagian dari misi Indonesia Emas 2045 yang mana telah dilakukan disetujui oleh parlemen, dibuat undang-undangnya yang disetujui 93% suara,” papar Kepala Negara pada rapat tersebut, melalui keterangan resmi.

Jokowi menjelaskan, IKN akan dibangun sebagai kota pintar (smart city) dengan 70% area sebagai area hijau dan juga 80% transportasi merupakan transportasi umum yang tersebut berbasis energi hijau. Jokowi menegaskan, hal itu merupakan komitmen di menjaga Pulau Kalimantan sebagai paru-paru dunia.

Lebih jauh, Presiden juga menyampaikan progres perkembangan inti yang tersebut sudah mencapai 70% kemudian ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2024. Tak lupa, Jokowi menginformasikan bahwa ketika ini telah terjadi berbagai pembangunan ekonomi yang dimaksud masuk ke IKN untuk pembangunan infrastruktur.

“Ada 13 (proyek) yang tersebut sudah groundbreaking, baik dalam bentuk rumah sakit ada 3 rumah sakit, ada 5 hotel, kemudian ada 2 mal, ada training center untuk sepak bola, juga ada transportasi hijau, juga juga termasuk Nusantara Superblock di dalam kawasan terintegrasi dengan hotel bintang lima, tempat hiburan, kemudian pusat perbelanjaan,” jelasnya.

Jokowi berharap para entrepreneur jika Brunei Darussalam dapat merealisasikan minatnya untuk berinvestasi di area IKN. Dia menyebutkan bahwa pemerintah sudah menyiapkan beberapa orang insentif bagi para pemodal di dalam IKN, baik sebagai super tax deduction, tax holiday, hingga pembebasan bea masuk.

Turut mendampingi Presiden pada konferensi yang disebutkan Menlu Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Wantimpres Gandi Sulistiyanto, Dbes untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah, kemudian Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Setelah pertemuan, dilaksanakan penyerahan Letter of Interest (LoI) dari Konsorsium pemodal yang diwakili Putri Amal Rakiah untuk Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *