BI catat naiknya harga NTT 2023 2,42 persen, lebih tinggi rendah dari 2022

Finansial13 Dilihat

IDN Bisnis Artinya bahwa untuk 2023 pemuaian berhasil terjaga sesuai kisaran 3 plus minus 1 persen year on year (yoy)

Kupang – Kantor Bank Indonesia Perwakilan Wilayah Nusa Tenggara Timur mencatatkan kenaikan harga di area area itu selama 2023 pada bilangan 2,42 persen, lebih tinggi rendah dibandingkan dengan 2022 yang dimaksud 6,65 persen.

"Artinya bahwa untuk 2023 pemuaian berhasil terjaga sesuai kisaran 3 plus minus 1 persen year on year (yoy)," kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan Wilayah NTT Agus Sistyo Widjajati di tempat Kupang, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa penurunan yang dimaksud terjadi pada seluruh kota naiknya harga pada NTT.

Dia menambahkan pada 2022 pemuaian NTT mengalami kenaikan oleh sebab itu pengaruh kenaikan materi bakar minyak di dalam akhir 2022.

Sementara untuk 2023, kenaikan harga NTT mengalami penurunan oleh sebab itu mulai normalnya kegiatan sebagai dampak dari tingginya harga jual beberapa komoditas pada tahun sebelumnya.

"Melandainya pemuaian utamanya didorong oleh penurunan tekanan biaya pada kelompok administrated price atau bensin," ujar dia.

Namun, ujar dia, pihaknya memprediksi untuk kenaikan harga NTT pada 2024 berada pada kisaran target 2,5 plus minus 1 persen.

Agus menambahkan bahwa pada 2024 BI akan terus berjuang menjaga pemuaian dan juga menyokong perkembangan kegiatan ekonomi di tempat NTT.

Salah satu upaya yang dilaksanakan adalah dengan penambahan kemudian penguatan biosfer pola kemitraan komoditas utama di penanganan kenaikan harga komoditas utama pangan strategis seperti beras, cabai, bawang merah kemudian lainnya.

Ekosistem yang dimaksud tentunya akan mengakomodasi kegiatan dari hulu ke hilir dari pembibitan hingga ke konsumen akhir.

"Sehingga dengan adanya ekosistem itu diharapkan ketahanan stok kemudian kestabilan nilai dapat tercapai," ujar dia.

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *