BI ingatkan warga NTT belanjakan uang sesuai keperluan

Bisnis18 Dilihat

IDN Bisnis Bijaklah menggunakan uang rupiah pada bulan Ramadhan ini

Kupang – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mengingatkan warga di tempat seluruh provinsi berbasis kepulauan itu untuk membelanjakan uangnya sesuai dengan permintaan di tempat berada dalam kenaikan tarif barang keperluan pokok jelang hari raya Idul Fitri.

"Bijaklah menggunakan uang rupiah di area bulan Ramadhan ini," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah NTT Agus Sistyo Widjajati di area Kupang, Senin.

Hal ini disampaikan usai meluncurkan semarak Rupiah Ramadhan lalu Berkah Idul Fitri (SERAMB1) 2024 Sinergi Bank Indonesia juga perbankan guna memenuhi keperluan uang penduduk di tempat periode Ramadhan lalu Idul Fitri.

Dia menjelaskan bahwa inisiatif SERAMBI memasuki tahun penyelenggaraan ke 3 di area tahun 2024 yang dilaksanakan secara nasional dan juga serentak di area seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia pada Negeri, mulai dari 15 Maret s.d 5 April 2024.

Pada tahun 2024 tema yang mana diambil yakni “Bijak Gunakan Rupiah dalam Periode Penuh Berkah”. Selain mencerminkan bentuk perhatikan BI pada rangka menggalang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) kemudian wujud perhatian BI untuk memenuhi keperluan uang Rupiah di area masyarakat.

Agus mengharapkan juga agar selain berbelanja secara bijak sesuai dengan kebutuhan, pihaknya juga mengingatkan penduduk agar belanja produksi di negeri, juga menabung dan juga berinvestasi untuk menggalang perkembangan ekonomi melalui Rupiah.

Pelaksanaan SERAMBI sendiri lanjut beliau kerja sebanding antara BI Provinsi NTT bersinergi dengan 23 perbankan dalam Pusat Kota Kupang dengan memberikan layanan penukaran uang untuk masyarakat.

Komunitas dapat melakukan penukaran uang dalam loket perbankan pada seluruh wilayah NTT yang dimaksud tersebar dalam 70 titik penukaran pada loket perbankan. Data titik penukaran dapat dilihat dihttps://bit.ly/Selatan-NKRI.

Dia menjelaskan bahwa adapun layanan penukaran uang melalui mobil kas keliling dilaksanakan mulai Hari Senin (18/3) 2024, tepat setelahnya peluncuran, pada halaman Kantor Perwakilan BI Provinsi NTT.

Layanan selanjutnya melalui layanan Kas Keliling Bank Indonesia juga Bank di dalam Hypermart bundaran Tirosa pada tanggal 20, 21, 22, 27 juga 28 Maret 2024, dan juga di area LANUD El Tari pada tanggal 26 Maret 2024.

Warga yang mana akan menukarkan uang di dalam mobil layanan Kas Keliling Bank Indonesia dihimbau menggunakan aplikasi mobile pintar (https://pintar.bi.go.id) untuk kelancaran proses penukaran.

Penjabat Wali Perkotaan Kupang Fahrensy P. Funay mengapresiasi upaya BI NTT yang digunakan kembali meluncurkan SERAMBI untuk tahun ke tiga pada Perkotaan Kupang, akibat tentunya kegiatan itu akan membantu rakyat di dalam Perkotaan Kupang.

"Kami berterima kasih kasih BI NTT meluncurkan kegiatan ini di area Daerah Perkotaan Kupang, dapat cuma BI lakukan di area luar Perkotaan Kupang," tambah dia.

Dia juga mengingatkan warga di area Perkotaan Kupang untuk tidak ada perlu khawatir dengan kenaikan biaya permintaan pokok di tempat Daerah Perkotaan Kupang, sebab Pemkot kemudian BI NTT dan stakeholder lainnya terus bekerja sejenis untuk menstabilkan nilai barang permintaan di tempat pasaran.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *