BI Kediri sediakan Rp4,8 triliun untuk Ramadhan dan juga Idul Fitri 2024

Market51 Dilihat

IDN Bisnis Antisipasi kenaikan total ULE yang dimaksud disiapkan ini mempertimbangkan peningkatan mobilitas penduduk selama periode Ramadhan dan juga Idul Fitri 2024 dan juga perkembangan ekonomi yang meningkat.

Kediri – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kediri, Jawa Timur, menyediakan uang layak edar (ULE) mencapai Rp4,8 triliun untuk memenuhi keinginan penukaran uang rupiah pada momen Ramadhan juga Idul Fitri 2024.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri M. Choirur Rofiq mengemukakan jumlah agregat ULE yang disediakan Rp4,8 triliun ini meningkat 7 persen dibandingkan realisasi 2023 yang dimaksud tercatat sebesar Rp4,5 triliun.

"Antisipasi kenaikan jumlah keseluruhan ULE yang disiapkan ini mempertimbangkan peningkatan mobilitas warga selama periode Ramadhan kemudian Idul Fitri 2024 lalu perkembangan ekonomi yang mana meningkat," katanya ketika penukaran uang di area GOR Jayabaya, Pusat Kota Kediri, Senin.

BI juga menyiapkan untuk cadangan sehingga totalnya adalah Rp5,2 triliun uang layak edar yang mana disiapkan.

Ia menambahkan, untuk menggalang layanan penukaran uang rupiah bagi masyarakat, BI Kediri sama-sama perbankan berikrar untuk memenuhi permintaan penukaran uang rupiah dengan menyediakan titik-titik layanan penukaran uang Rupiah di dalam seluruh wilayah kerja BI Kediri.

Selain itu, BI Kediri juga mengundang penduduk mengoptimalkan pembayaran proses nontunai untuk mendukung perekonomian juga keuangan digital.

Ia mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadhan kemudian Idul Fitri 2024 dikemas pada kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan serta Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 yang digunakan bertema "Bijak gunakan Rupiah di dalam bulan penuh berkah". Acara ini diadakan melalui penyelenggaraan kas keliling, penukaran terpadu sama-sama perbankan, kemudian penukaran melalui kantor cabang bank umum.

Masyarakat, kata dia, dapat melakukan penukaran melalui layanan kas keliling terpadu penukaran bersatu perbankan di tempat GOR Jayabaya Pusat Kota Kediri. Selanjutnya mulai 1-5 April 2024, warga dapat melakukan penukaran uang Rupiah di area 68 titik layanan kantor cabang bank umum yang digunakan tersebar di dalam seluruh wilayah kerja KPw BI Kediri.

Untuk layanan penukaran uang rupiah, pemesanan penukaran uang melalui Aplikasi Pandai (Penukaran serta Tarik Uang Rupiah) yakni https://pintar.bi.go.id. Paket yang mana bisa saja ditukarkan warga sebesar Rp4.000.000 per orang (pecahan Rp50.000 mendapatkan 20 lembar, Rp20.000 dapat 50 lembar, Rp10.000 dapat 100 lembar, Rp5.000 dapat 100 lembar, Rp2.000 dapat 200 lembar, Rp1.000 dapat 100 lembar).

Ia juga menghadirkan rakyat Indonesia untuk semakin cinta, bangga, lalu paham Rupiah. Cinta rupiah diwujudkan dengan senantiasa menyayangi rupiah dengan mengenali ciri keaslian uang rupiah yaitu dilihat, diraba, diterawang (3D) dan juga merawat rupiah yang mana dimiliki dengan baik yaitu jangan dilipat, jangan dicoret, jangan diremas, jangan dalam stapler, serta jangan dibasahi (5J).

"Bangga rupiah sebab rupiah tiada belaka sebagai alat pembayaran yang digunakan sah pada kegiatan perekonomian nasional tetapi juga merupakan simbol kedaulatan bangsa," kata dia.

Ia menambahkan, pengaplikasian uang rupiah di area Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mempunyai peran penting di menjaga kedaulatan negara.

Sementara itu, Paham Rupiah ditunjukkan melalui perilaku bijak berbelanja sesuai kebutuhan, berbelanja item pada negeri untuk menyokong UMKM nasional, dan juga menabung serta berinvestasi untuk membantu perkembangan kegiatan ekonomi berkelanjutan.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *