BI kembali pertahankan suku bunga BI-Rate dalam level 6 persen

Finansial21 Dilihat

IDN Bisnis Keputusan mempertahankan BI-Rate pada level 6 persen masih konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang mana pro-stability yaitu untuk menjaga stabilisasi nilai tukar rupiah.

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 19-20 Maret 2024 kembali mempertahankan suku bunga acuan atau BI-Rate pada level 6 persen.

Suku bunga deposit facility juga masih ditahan di dalam level 5,25 persen, kemudian suku bunga lending facility dipertahankan sebesar 6,75 persen.

"Keputusan mempertahankan BI-Rate pada level 6 persen tetap memperlihatkan konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang digunakan pro-stability yaitu untuk menjaga stabilisasi nilai tukar rupiah," kata Gubernur BI Perry Warjiyo pada Pernyataan Hasil Rapat Dewan Gubernur BI Bulan Maret 2024 dalam Jakarta, Rabu.

Keputusan untuk mempertahankan BI-Rate yang disebutkan menyokong langkah pre-emptive lalu forward looking untuk menegaskan naiknya harga tetap memperlihatkan terkendali di sasaran 2,5 plus minus satu persen pada 2024.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI sebelumnya pada 20-21 Februari 2024 juga menahan suku bunga BI-Rate masih pada level 6 persen.

Di samping itu, kebijakan makroprudensial juga sistem pembayaran tetap memperlihatkan pro-growth untuk membantu perkembangan sektor ekonomi yang dimaksud berkelanjutan.

Kebijakan makroprudensial longgar terus ditempuh untuk menyokong kredit atau pembiayaan perbankan untuk dunia usaha serta rumah tangga.

Di sisi lain, akselerasi digitalisasi sistem pembayaran, termasuk digitalisasi operasi keuangan pemerintah pusat dan juga tempat juga terus didorong untuk meningkatkan besar proses kemudian memperluas inklusi ekonomi-keuangan digital.

Bank Indonesia juga terus menguatkan bauran kebijakan moneter, makroprudensial, kemudian sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas lalu memperkuat perkembangan dunia usaha yang dimaksud berkelanjutan melalui beberapa orang upaya.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *