BI sebut lelang SRBI capai Rp409,38 triliun

Finansial44 Dilihat

IDN Bisnis Untuk meningkatkan upaya pendalaman bursa uang serta menggalang aliran masuk ke pada negeri, instrumen moneter pro-market SRBI, SVBI, dan juga SUVBI, yang digunakan diterbitkan sejak 2023 terus dioptimalkan

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan hingga 19 Maret 2024 lelang Sekuritas Rupiah BI (SRBI) mencapai Rp409,38 triliun guna membantu pendalaman bursa uang kemudian aliran modal asing masuk ke pada negeri.

Pada periode yang dimaksud sama, kedudukan Sekuritas Valas BI (SVBI), dan juga Sukuk Valas BI (SUVBI) masing-masing tercatat sebesar 2,31 miliar dolar AS, dan juga 387 jt dolar AS.

"Untuk meningkatkan upaya pendalaman bursa uang serta memperkuat aliran masuk ke di negeri, instrumen moneter pro-market SRBI, SVBI, serta SUVBI, yang mana diterbitkan sejak 2023 terus dioptimalkan," kata Perry pada Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur BI Siklus Maret 2024 di area Jakarta, Rabu.

Ia menyatakan penerbitan SRBI, SVBI, juga SUVBI mampu meningkatkan kekuatan pendalaman lingkungan ekonomi uang kemudian menggalang aliran masuk modal asing ke pada negeri.

Kepemilikan nonresiden pada instrumen SRBI mencapai Rp85,02 triliun atau sebesar 20,77 persen dari total outstanding.

"Respons dan juga pengembangan instrumen kebijakan moneter terus diperkuat untuk meningkatkan efektivitasnya pada menegaskan kenaikan harga masih terkendali dan juga nilai tukar rupiah tetap memperlihatkan stabil," ujarnya.

Ke depan, berbagai pengembangan instrumen yang digunakan telah dilakukan diterbitkan diharapkan dapat terus menguatkan ketahanan eksternal ekonomi Indonesia dari dampak rambatan global.

 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *