BI Sultra dengan 26 lembaga perbankan luncurkan layanan penukaran ULE

Bisnis25 Dilihat

IDN Bisnis Jadi, Bank Indonesia tiada semata-mata bekerja sendiri, akibat untuk mampu menjangkau publik luas, kami bekerja identik dengan teman-teman perbankan,

Kendari – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersatu dengan 26 lembaga perbankan di tempat wilayah Bumi Anoa melaksanakan Kick-Off atau peluncuran layanan penukaran uang layak edar (ULE) di area salah satu pusat belanja dalam Pusat Kota Kendari, Sultra.

Kepala KPw Bi Sultra Doni Septadijaya ketika ditemui di dalam Kendari, Senin, menyatakan bahwa kegiatan yang disebutkan dikemas di Semarak Rupiah Ramadan kemudian Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 dengan tema “Bijak Gunakan Rupiah dalam Bulan Penuh Berkah” di rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah (H)

"Serambi adalah kegiatan resmi yang mana diperkenalkan untuk masyarakat," kata Doni Septadijaya.

Dalam pelaksanaan penukaran uang tersebut, lanjutnya, KPw BI Sultra bekerja sejenis dengan lembaga perbankan untuk menjangkau rakyat yang digunakan lebih banyak luas hingga ke pelosok kemudian wilayah kepulauan Provinsi Sultra.

"Jadi, Bank Indonesia tak cuma bekerja sendiri, sebab untuk sanggup menjangkau penduduk luas, kami bekerja serupa dengan teman-teman perbankan," ujarnya.

Doni Septadijaya menjelaskan bahwa selain layanan penukaran ULE, pihaknya juga memberikan edukasi terhadap rakyat terkait dengan pemahaman tentang keuangan.

"Makanya kita bekerja sejenis dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan juga bagaimana warga mampu merawat rupiah, kami berikan pemahaman terhadap publik tentang kita bangga serta paham rupiah," jelasnya.

Kepala KPw Bi Sultra Doni Septadijaya pada waktu meluncurkan layanan SERAMBI 2024. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)

Ia menambahkan bahwa untuk layanan penukaran uang pada Sultra, pihaknya menyediakan sebanyak 99 titik yang tersebar hingga ke wilayah kepulauan.

"Persyaratan punya KTP kemudian masukan registrasi atau pendaftaran dalam perangkat lunak Pintar, kalau penukaran di area Bank Indonesia, kami berikan kuota penukaran sampai Rp4 juta, kalau di dalam lembaga perbankan kami berikan kuota Rp3,8 juta. sampai tanggal 5 April 2024," tambahnya.

Sementara itu, Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya mengungkapkan bahwa pihaknya sangat membantu kegiatan Serambi BI Sultra akibat uang rupiah memang sebenarnya harus terus diperbaharui.

"Jadi teman-teman dari perbankan menggalang dengan tujuan untuk lebih banyak baik lagi perputaran juga peredaran uang rupiah di dalam Indonesia, khususnya dalam Sulawesi Tenggara ini. Dan ini juga momen menjauhi Idul Fitri, di area mana orang-orang membutuhkan uang receh baru," ucap Arjaya Dwi Raya.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *