Bibit ajak penduduk beli ORI025 berkupon 6,25 – 6,40 persen

Bursa5 Dilihat

IDN Bisnis Ketika nanti suku bunga BI diprediksi mulai turun di area semester II- 2024, kupon ORI025 tidak ada akan turun lantaran bersifat fixed rate (tetap)

Jakarta – Bibit.id dipercaya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai mitra distribusi Surat Utang Negara (SUN) Pasar Konsumen seri Obligasi Negara Perdagangan Eceran 025 (ORI025) mulai 29 Januari hingga 22 Februari 2024.

ORI025 ditawarkan dengan dua tenor, yaitu ORI025-T3 untuk tenor tiga tahun dengan imbal hasil (kupon) sebesar 6,25 persen per tahun, dan juga ORI025-T6 untuk tenor enam tahun dengan kupon sebesar 6,40 persen per tahun.

Head of Marketing Bibit.id Angie Anandita Tjhatra di area Jakarta, Senin, menghadirkan pelaku lingkungan ekonomi untuk membeli ORI025, yang mana merupakan kesempatan yang dimaksud tepat sebab suku bunga Bank Indonesia (BI) diproyeksikan telah berada pada puncaknya.

"Ketika nanti suku bunga BI diprediksi mulai merosot di tempat semester II- 2024, kupon ORI025 tidak ada akan turun akibat bersifat fixed rate (tetap)," ujar Angie.

Ia menjelaskan, imbal hasil ORI025 lebih besar tinggi dibandingkan rata-rata bunga deposito bank yang digunakan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang belaka berkisar 3-4 persen per tahun.

Selain itu, ORI025 juga dikenakan pajak yang tersebut lebih lanjut rendah dibandingkan deposito yaitu sebesar 10 persen, sedangkan pajak deposito 20 persen.

"Selain itu, ORI025 dapat menjadi alternatif rakyat untuk berinvestasi yang 100 persen aman dijamin negara sekaligus berkontribusi bagi konstruksi negara,” kata Angie.

Angie menjelaskan, pembelian minimal untuk ORI025T3 adalah Rp1 jt juga kelipatan Rp1 jt dengan maksimum Rp5 miliar, sedangkan, pembelian minimal untuk ORI025T6 adalah Rp1 jt kemudian kelipatan Rp1 jt dengan maksimum Rp10 miliar.

Pembayaran kupon pertama akan dijalankan pada 15 April 2024 (long coupon), lalu selanjutnya pembayaran kupon akan dilaksanakan setiap bulan setiap tanggal 15.

"ORI025 adalah SBN berjenis tradeable yang dapat dijual sebelum jatuh tempo pada pangsa sekunder, mulai 16 April 2024. Namun perlu diperhatikan, pemasaran ORI025 sebelum jatuh tempo harus tetap memperlihatkan meninjau ketersediaan pembeli di dalam lingkungan ekonomi sekunder. Harga jual di tempat lingkungan ekonomi sekunder juga mengikuti nilai market, jadi sanggup naik ataupun turun,” ujar Angie.

Untuk bisa saja berinvestasi SBN di tempat Bibit, pengguna dapat mengklik icon Surat Berharga Negara (SBN) pada homepage perangkat lunak maupun website Bibit.id, dimana Bibit bermitra dengan Stockbit Sekuritas untuk mengurus pencatatan kemudian penyimpanan Rekening Dana Penanam Modal SBN milik investor.

Setelah penanam modal melakukan pembayaran untuk operasi SBN, pemodal akan menerima bukti proses dalam bentuk Bukti Penerimaan Negara (BPN), dimana dalam di BPN, terdapat Nomor Tanda Penerimaan Negara (NTPN) yang digunakan diterbitkan segera oleh negara juga menjadi bukti kepemilikan SBN yang mana dibeli.

 

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *