Blejeti Angka Konflik Agraria, Cak Imin: Ini adalah Bukan Main-main, Kiamat Makin Dekat

Bisnis19 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Calon delegasi presiden (Cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin menyatakan apabila kerusakan lingkungan hidup semakin parah dan juga terus terjadi dalam mana-mana. Ia kemudian membacakan data terkait konflik agraria.

Sebelumnya, Muhaimin menyoroti kerusakan lingkungan yang mana terjadi selama sembilan tahun terakhir. “Kemudian bencana ekologis, banjir, longsor juga berbagai keadaan sulit terjadi. Ini adalah bukanlah main-main. Hal ini serius. Kalau mau jujur kiamat makin dekat ini,” ungkapnya, pada debat keempat pemilihan raya Presiden (Pilpres) 2024, yang digunakan dilakukan pada Minggu, 21 Januari 2024 dalam Ibukota Indonesia Convention Center (JCC), DKI Jakarta Pusat.

Kemudian ia melemparkan pertanyaan untuk Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md perihal konflik agraria yang dimaksud kian marak terjadi. 

“Konflik agraria sejumlah serta tidaklah diatasi, petani kurang hak berhadapan dengan akses lahan bahkan masih 17 jt di tempat bawah setengah hektare,” ujar pria yang tersebut kerap dipanggil Cak Imin itu. Ia kemudian mengaku bahwa data yang disebutkan merupakan fakta juga tidak untuk menakut-nakuti.

“Ini bukanlah nakut-nakutin tapi fakta yang mana harus diatasi, ini kesalahan visi atau kesalahan kepemimpinan?” tanya Cak Imin untuk Mahfud.

Menanggapi pertanyaan Cak Imin, Mahfud Md yang dimaksud pada waktu ini juga menjabat sebagai Menko Polhukam RI, turut membenarkan pernyataan tersebut. Ia juga memblejeti data miliknya. Menurutnya, data konflik agraria pada Kemenko Polhukam pada waktu ini ada 2.587, namun semata-mata untuk hambatan Polhukam (Politik, Hukum dan juga Keamanan) saja.

“Untuk apa? Untuk hambatan Polhukam saja. Belum yang mana laporan ke polisi, belum yang digunakan laporan ke BPN,” ungkap Mahfud. 

Debat Cawapres kedua merupakan rangkaian dari lima debat yang dimaksud telah terjadi dijadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelum mendekati penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada 14 Februari mendatang. 

Fokus tema debat kali ini mencakup isu pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, warga adat serta desa. Para partisipan debat di malam hari ini adalah ketiga calon Wakil Presiden, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, juga Mahfud Md. Debat di malam hari ini dihadiri ketiga akan Cawapres, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan juga Mahfud Md.

Sebelumnya, pada debat ketiga Pilpres 2024 yang dimaksud berlangsung pada 7 Januari lalu, KPU mengenalkan beberapa peraturan baru. Salah satu peraturan yang disebutkan adalah bahwa Calon Presiden atau Calon Wakil Presiden hanya sekali diperbolehkan menggunakan satu mikrofon bawaan yang dipasang di area podium masing-masing. Selain itu, setiap calon diwajibkan untuk menjelaskan singkatan atau istilah asing selama pemaparan merek kemudian sesi tanya jawab.

: Cak Imin Komentari Jawaban Gibran perihal Pembangunan Bioregional: Tak Terjawab Sama Sekali

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *