Bos BRI Respons Konstruktif Keputusan BI Kerek Suku Bunga Acuan

Finansial18 Dilihat

 JAKARTA. Direktur Utama PT Bank Rakyat Tanah Air Tbk (BBRI)  Sunarso,  merespons positif langkah Bank Indonesia (BI) untuk meninggal suku bunga acuan sebesar 25 bps bermetamorfosis menjadi 6,25% pada bulan April 2024.

Menurut Sunarso, langkah yang tersebut diambil BI telah tepat. Dia melakukan konfirmasi bahwa BRI akan mengikuti kebijakan BI serta turut juga pada menghadapi tantangan kenaikan harga juga mengendalikan fluktuasi nilai tukar rupiah.

“Dalam pandangan saya, tindakan BI di mengendalikan nilai tukar serta kenaikan harga telah tepat. Mengambil tindakan dengan meningkatkan suku bunga adalah langkah yang tersebut tepat pada merespons tantangan tersebut,” ujar Sunarso pada konferensi pers paparan kinerja, Kamis (25/4).

Sunarso menambahkan bahwa perbankan secara umum harus mengikuti langkah tersebut, dikarenakan kenaikan suku bunga merupakan kebijakan yang logis juga rasional di menghadapi tantangan pemuaian juga fluktuasi nilai tukar.

 

“Dampak dari hal ini akan dirasakan oleh kita semua, kemudian kita harus bersama-sama menanggung beban ini. Artinya, bank harus berjuang keras untuk menjaga likuiditas pada berada dalam kenaikan suku bunga,” tambah Sunarso.

Namun demikian, hal ini bukan bermetamorfosis menjadi kesulitan bagi BRI, seperti yang digunakan tercermin dari Loan to Deposit Ratio (LDR) yang digunakan mencapai 83,38% juga perkembangan kredit sebesar 10,89% berubah jadi Mata Uang Rupiah 10,89%. 

Dengan sikap keuangan tersebut, Sunarso optimistis bahwa BRI dapat mempertahankan likuiditas secara segar dan juga mempertahankan perkembangan kredit dalam nomor dua digit.

“BRI mempunyai LDR yang tersebut memadai, sehingga tidaklah ada kesulitan likuiditas. Kami dapat meningkatkan pemberian kredit lebih lanjut lanjut akibat LDR masih cukup longgar,” jelas Sunarso.



Artikel ini disadur dari Bos BRI Respons Positif Keputusan BI Kerek Suku Bunga Acuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *