BPH Migas penghargaan Rapat Pleno Posko Nasional Industri ESDM Periode RAFI

Bisnis21 Dilihat

IDN Bisnis Mudah-mudahan dengan ketersediaan stok, yang memadai serta jumlah agregat hari libur yang mana panjang bisa saja menjaga dari waktu-waktu yang padat juga sanggup dikelola dengan baik

Jakarta – Badan Pengatur Hilir Minyak kemudian Gas Bumi (BPH Migas) mengatur Rapat Pleno Monitoring Posko Nasional Bidang Energi lalu Informan Daya Mineral (ESDM) Periode Satgas Ramadhan dan juga Idul Fitri (RAFI) 2024 untuk menegaskan kesiapan pasokan energi menjauhi Idul Fitri tahun ini.

Menteri ESDM Arifin Tasrif, yang digunakan hadir secara virtual pada rapat yang tersebut dilakukan di dalam Warroom BPH Migas, Jakarta, Hari Sabtu (6/4/2024), memohonkan pasokan energi selama libur Lebaran tersedia dengan baik dan juga dapat segera melakukan antisipasi ketidakpastian cuaca.

Sebelumnya, Menteri ESDM juga sudah melakukan tinjauan ke lapangan untuk melakukan konfirmasi keinginan energi selama periode RAFI 2024 dapat ditindaklanjuti dengan baik.

"Mudah-mudahan dengan ketersediaan stok, yang digunakan memadai serta jumlah total hari libur yang mana panjang bisa jadi menghindari waktu-waktu yang dimaksud padat dan juga bisa jadi dikelola dengan baik," kata Arifin di keterangannya pada Jakarta, Minggu.

Menteri Arifin menambahkan seluruh pihak perlu meningkatkan perhatian terhadap kondisi cuaca, terlebih di pendistribusian energi pada daerah-daerah, sekaligus faktor keamanan kendaraan juga sumber daya manusia yang mana prima.

"Kewaspadaan harus setiap saat kita jaga, harus kita tingkatkan, teristimewa juga pada waktu ini ketidakpastian cuaca yang mana harus sanggup kita antisipasi. Kemudian juga, faktor keamanan harus juga sanggup dijaga, bahwasanya seluruh kendaraan-kendaraan transportasi umum itu seluruhnya dipastikan pada kondisi yang baik. Juga tingkat kebugaran dari para pengendara yang digunakan juga dibantu sikap dari penumpang yang digunakan mendukung, agar sanggup memberikan kenyamanan bersama," tegasnya.

Arifin juga mengapresiasi dedikasi personel Posko Nasional Bagian ESDM Periode RAFI Tahun 2024 dan juga instansi terkait yang dimaksud telah terjadi membantu terselenggaranya monitoring sektor ESDM.

Menurut dia, suasana gembira perlu terus dijaga di melaksanakan tugas agar warga merasakan kenyamanan ketika berkumpul dengan keluarga tercinta.

"Agar semua perjalanan dapat lancar juga selamat, semua keluarga dapat merasakan kenyamanan, sekali lagi, saya ungkapkan terima kasih kemudian penghargaan setinggi-tingginya terhadap seluruh staf, saudara-saudara sekalian, yang bertugas baik pada kantor pusat maupun di area lapangan," sebut Menteri ESDM.

Sementara itu, Kepala BPH Migas Erika Retnowati menjelaskan kesiapan sektor energi lalu upaya mengantisipasi keadaan darurat geologi.

"Sudah dilaporkan dari PT Pertamina bahwa stok mencukupi. Konsumsi BBM juga telah mulai meningkat. Kemudian juga, LPG untuk rumah tangga juga aman. Untuk keadaan darurat geologi, ada banjir lahar dingin Gunung Marapi, tetapi telah mulai reda dan juga jalan sudah ada bisa saja dilalui kembali," kata beliau seraya menyampaikan bahwa kondisi sistem tenaga listrik nasional secara umum juga pada kondisi aman.

Untuk itu, Erika memohon badan usaha penugasan selalu menjaga pasokan di kondisi aman kemudian distribusi BBM ke SPBU berjalan lancar.

"Stok cukup. Yang penting distribusi ke SPBU lancar, supaya tiada terjadi antrean. Harus diantisipasi dengan baik," sebutnya.

Rapat Pleno Monitoring Posko Nasional Bagian Energi lalu Informan Daya Mineral (ESDM) Periode Satgas Ramadhan juga Idul Fitri (RAFI) 2024, yang tersebut dilakukan Badan Pengatur Hilir Minyak kemudian Gas Bumi (BPH Migas) dalam Warroom BPH Migas, Jakarta, Hari Sabtu (6/4/2024). ANTARA/HO-Humas BPH Migas

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengungkapkan Pertamina sudah pernah mengantisipasi kenaikan pemasaran gasoline juga gasoil selama periode RAFI dengan mengatur persediaan BBM.

"Kami telah lama melakukan antisipasi dengan melakukan tambahan atau built up stock hingga 10 persen. Jadi, diharapkan untuk empat hari ke depan, yang merupakan sikap puncak dari mudik Satgas RAFI ini, kami dapat mengantisipasinya," ucapnya.

Hadir juga di rapat pleno antara lain Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra serta Eman Salman Arief, Sekjen Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid, dan juga Direktur Teknik dan juga Lingkungan Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Mohamad Priharto Dwinugroho.

Selain itu, Sekretaris BPH Migas Patuan Alfon S, Direktur BBM BPH Migas Sentot Harijady Bradjanto Tri Putro, Direktur Gas Bumi BPH Migas Soerjaningsih, Tenaga Ahli Menteri ESDM Area Tata Kelola Hilir Migas Mulyono, perwakilan Kementerian Perhubungan, BMKG, PT Jasa Marga, PT Pertamina Patra Niaga, PT PLN (Persero), badan bisnis BBM, badan usaha gas bumi swasta, dan juga unit-unit kerja sektor ESDM pada kantor pusat dan juga wilayah.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *