Buntut Kecelakaan Perkeretaapian, Menhub: Aspek Keselamatan Adalah Hal Utama

Bisnis25 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan aspek keselamatan adalah hal utama yang digunakan harus diperhatikan pada perkeretaapian. Hal ini beliau komunikasikan pada rapat koordinasi bidang perkeretaapian di dalam Stasiun Surabaya Gubeng, Jawa Timur pada Minggu, 21 Januari 2024.

Budi menyoroti sebagian insiden kecelakaan di tempat sektor perkeretaapian yang terjadi belakangan ini. Mulai dari kecelakaan yang tersebut melibatkan KA Turangga kemudian KA Lokal Bandung Raya, KA Pandalungan yang dimaksud anjlok di area emplasemen Stasiun Tanggulangin, hingga insiden kejadian pada perlintasan sebidang di area banyak area seperti Klaten, Banyuwangi, dan juga Tebing Tinggi.

“Hari ini kami mendiskusikan bersama-sama melibatkan unsur terkait, untuk mengevaluasi kemudian mengupayakan perbaikan-perbaikan yang harus dijalankan semua pihak. Saya menekankan bahwa nomor satu adalah safety,” ujar Budi setelahnya meninjau Stasiun Surabaya Gubeng, Jawa Timur.

Atas insiden-insiden tersebut, Budi menyatakan bahwa pemerintah lalu segenap pemangku kepentingan berazam menjaga keselamatan perkeretaapian dan juga menjaga kepercayaan masyarakat. Terkhusus bagi para pengguna layanan kereta api.

“Kami akan terus melakukan upaya-upaya perbaikan agar rakyat merasa aman lalu nyaman menggunakan kereta api,” tuturnya di rapat yang mana dihadiri Ditjen Perkeretaapian, PT KAI, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), juga pemerintahan Daerah pada Jawa Timur itu.

Menurut Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, sistem perkeretaapian umumnya sudah ada berjalan dengan baik. Ia mencatat, beberapa tahun ini tingkat kecelakaan di dalam kereta api telah sangat rendah. “Tapi masih masih ada kekurangan-kekurangan. Bersama-sama kita lakukan peningkatan-peningkatan yang dimaksud bersifat mendasar terkait aspek keselamatan,” kata beliau pada keterangan tertulis.

Selanjutnya: Tiga langkah Kemenhub
  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *