Bupati: OPD diminta jalankan kegiatan guna tingkatkan serapan anggaran

Finansial22 Dilihat

Instruksi yang disebutkan sudah ada kami ungkapkan untuk semua OPD, agar kegiatan kegiatan yang direncanakan untuk segera dilaksanakan

Kudus – Penjabat Pimpinan Daerah Kudus M. Hasan Chabibie menginstruksikan terhadap semua organisasi perangkat area (OPD) di dalam Kota Kudus untuk segera menjalankan proyek kegiatan yang tersebut direncanakan untuk optimalisasi penyerapan anggaran.

"Instruksi yang dimaksud telah kami ungkapkan terhadap semua OPD, agar inisiatif kegiatan yang mana direncanakan untuk segera dilaksanakan," kata Hasan Chabibie ditemui usai rapat paripurna DPRD Kudus dengan rencana jawaban bupati melawan pandangan umum fraksi di ruang rapat DPRD Kudus, Jumat.

Dalam rangka optimalisasi penyerapan anggaran, kata dia, pihaknya juga membentuk grup percepatan belanja tempat sehingga tiada menumpuk di akhir tahun.

Selain itu, kata dia, diwujudkan monitoring dan juga evaluasi untuk mengidentifikasi kendala atau hambatan kemudian upaya penyelesaiannya.

Terkait dengan temuan BPK terhadap beberapa OPD yang mana merekomendasikan untuk pengembalian keuangan negara, kata Chabibie, tentunya harus berubah menjadi pembelajaran lalu tiada penting dijadikan pada menjalankan proyek kegiatan yang digunakan direncanakan.

Menurut dia, temuan BPK yang disebutkan seharusnya menjadi pembelajaran semua pihak, supaya permasalahan yang digunakan berjalan bisa jadi diperbaiki serta semakin baik.

Apalagi, kata dia, BPK memang sebenarnya menjalankan fungsi audit anggaran, sehingga harus dihormati dikarenakan merupakan lembaga negara yang tersebut ditugaskan.

"Semua OPD juga kami instruksikan untuk menjalankan acara sesuai perencanaan serta tidaklah mengulangi kesalahan," ujarnya.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan juga Aset Daerah Daerah Kudus Djati Solechah pada saat ditanya tentang realisasi penyerapan APBD 2024 hingga akhir Juni mengakui masih pada tahapan penghitungan dikarenakan masih ada sisa waktu beberapa hari.

Namun, berdasarkan data penyerapan APBD 2024 pada semua OPD dalam Daerah Kudus hingga 28 Mei 2024 tercatat nilainya baru mencapai Rp517,8 miliar atau 22 persen dari total anggaran Rp2,31 triliun.

Penyerapan anggaran yang disebutkan memang benar belum sanggup dijadikan tolok ukur bahwa pelaksanaan acara pembangunan di dalam Wilayah Kudus belum berjalan, oleh sebab itu realisasi keuangan bukanlah realisasi fisik kegiatan sehingga harus menanti hingga akhir tahun guna melakukan konfirmasi optimalisasi penyerapan anggarannya.

Artikel ini disadur dari Bupati: OPD diminta jalankan kegiatan guna tingkatkan serapan anggaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *