Pimpinan Daerah Sleman serahkan laporan keuangan 2023 ke BPK

Finansial11 Dilihat

IDN Bisnis Pemkab Sleman berazam melakukan upaya perbaikan pengelolaan keuangan, di area antaranya dengan pendampingan untuk OPD

Sleman – Pimpinan Daerah Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan secara segera Laporan Keuangan (LK) pemerintahan Wilayah Sleman Tahun Anggaran 2023 untuk Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat.

Pada penyerahan yang dijalankan di dalam Kantor BPK Perwakilan DIY yang disebutkan juga dilaksanakan penandatanganan berita acara sebelum dilanjutkan penyerahan LK yang mana diterima secara secara langsung oleh Kepala BPK Perwakilan DIY Widhi Widayat.

Kustini Sri Purnomo di Yogyakarta, Jumat, mengungkapkan Pemkab Sleman berjanji untuk memenuhi amanat Undang-Undang lalu Peraturan eksekutif khususnya PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah juga Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

"Pemkab Sleman berikrar melakukan upaya perbaikan pengelolaan keuangan, di dalam antaranya dengan pendampingan terhadap OPD pada percepatan penyelesaian laporan keuangan agar dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang digunakan ditentukan," katanya.

Menurut dia, di membantu upaya percepatan pelaporan keuangan, Pemkab Sleman menggerakkan OPD untuk disiplin juga cepat serta tepat di pelaksanaannya.

"Selain itu, kami juga mengupayakan BPK pada menegaskan pemeriksaan berjalan lancar sehingga dapat memperoleh opini WTP," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa Pemkab Sleman juga berjanji untuk terus-menerus melaksanakan tata kelola pemerintahan yang mana baik sehingga diharapkan mampu meminimalisir penyimpangan pada setiap pelaksanaan acara pemerintahan dan juga pembangunan.

"Selain itu, ke depan Pemkab Sleman terus menggerakkan optimalisasi pelayanan publik, baik melalui peningkatan kapasitas SDM, penerapan inovasi, pemanfaatan teknologi kemudian sistem terintegrasi di pelayanan," katanya.

Kepala BPK RI Perwakilan DIY Widhi Widayat menyampaikan apresiasi dan juga terima kasih terhadap Pemkab Sleman menghadapi konsistensinya dengan menjadi salah satu pemerintah tempat yang mana menyerahkan laporan keuangan tambahan awal jika dibandingkan wilayah lainnya khususnya di area DIY.

Widhi juga mengapresiasi Kepala Kabupaten Sleman serta jajarannya yang digunakan telah lama menyerahkan LK sebelum bulan Maret.

"Mewakili BPK Perwakilan DIY, saya mengapresiasi Pemkab Sleman menghadapi kinerja lalu kerja kerasnya di menyusun laporan ini sehingga menjadi salah satu pemerintah area yang digunakan tercepat dengan dengan Daerah Perkotaan Yogyakarta di menyelesaikan LK," katanya.

Ia mengatakan, selanjutnya akan dijalankan pemeriksaan oleh kelompok BPK selama 60 hari kerja dengan mengacu pada empat poin penilaian yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan, kemudian efektifitas sistem pengendalian intern.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Daerah Sleman didampingi oleh Sekretaris Daerah Wilayah Sleman Harda Kiswaya, Kepala Badan Keuangan lalu Aset Daerah (BKAD) Sleman Haris Sutarta lalu Inspektur Kota Sleman Hery Dwi Kuryanto.

 

Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *