Cak Imin juga Mahfud Md Kompak Soal Pembentukan Lembaga Baru Khusus Reforma Agraria

Bisnis25 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Calon duta presiden (Cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar atau yang mana akrab disapa Cak Imin menyatakan akan membentuk satu lembaga khusus pada bawah presiden untuk mengurus kemudian mengatur permasalahan lahan dalam Indonesia.

“Di bawah presiden, harus ada kelembagaan yang digunakan mengurus reforma agraria secara menyeluruh,” kata Cak Imin di debat keempat pemilihan raya Presiden (Pilpres) 2024, yang tersebut diselenggarakan pada Minggu, 21 Januari 2024 di tempat Ibukota Indonesia Convention Center (JCC), DKI Jakarta Pusat.

Menurutnya reformasi agraria mengalami banyak kendala dikarenakan birokrasi. “Banyak permasalahan yang dimaksud jadi kendala terlaksana Reformasi Agraria salah satunya birokrasi, kesungguhan politik, kemauan kepemimpinan,” kata dia.

Gagasan yang dimaksud turut diamini oleh Cawapres nomor urut tiga, Mahfud Md. Mahfud turut menekankan perlunya lembaga khusus untuk menangani reformasi agraria, bahkan ia mengumumkan apabila hal ini menjadi visinya bersatu Ganjar Pranowo.

“Yang diusulkan Cak Imin tentang lembaga Reformasi Agraria itu memang benar menjadi salah satu bagian misi kami tahun ini,” ungkap Mahfud.

Debat Cawapres kedua merupakan debat keempat dari total lima debat yang dimaksud sudah pernah dijadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelum menjauhi pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada 14 Februari mendatang. 

Fokus tema debat kali ini mencakup isu pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, publik adat serta desa. Para partisipan debat waktu malam ini adalah ketiga calon Wakil Presiden, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, kemudian Mahfud Md. Debat di malam hari ini dihadiri ketiga akan segera Cawapres, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan juga Mahfud Md.

Sebelumnya, pada debat ketiga Pilpres 2024 yang tersebut berlangsung pada 7 Januari lalu, KPU mengenalkan beberapa peraturan baru. Salah satu peraturan yang disebutkan adalah bahwa Calon Presiden atau Calon Wakil Presiden hanya sekali diperbolehkan menggunakan satu mikrofon bawaan yang dipasang di tempat podium masing-masing. Selain itu, setiap calon diwajibkan untuk menjelaskan singkatan atau istilah asing selama pemaparan dia lalu pembukaan tanya jawab.

: Cak Imin Komentari Jawaban Gibran masalah Pembangunan Bioregional: Tak Terjawab Sama Sekali

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *