Cak Imin Janjikan Dana Desa Simbol Rupiah 5 M, Bagaimana Skemanya?

Bisnis24 Dilihat

IDN Bisnis Jakarta – Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar menjanjikan akan menambah dana desa menjadi Rupiah 5 miliar per desa apabila terpilih menjadi duta presiden sama-sama calon presiden Anies Baswedan. Sekretaris Dewan Pakar AMIN (Tim Pemenangan Anies-Muhaimin) Wijayanto Samirin menyatakan peningkatan dana desa yang dimaksud akan diadakan secara bertahap.

“Diprioritaskan bagi desa-desa yang tersebut paling membutuhkan lalu selama ini dapat mengurus dana desa dengan baik,” katanya pada Senin, 22 Januari 2024.

Selain itu, menurut Wijayanto, ada lima poin yang mana menjadi titik perhatian pasangan nomor urut satu terkait desa. Pertama, penguatan peran pendamping desa. Kedua, memberikan ruang yang tersebut tambahan besar bagi rakyat untuk terlibat di perencanaan, pengawasan, hingga pelaksanaannya.

“Perlindungan hukum perangkat desa juga akan diperkuat, proyek fisik harus menggunakan pendekatan padat karya, juga pogram penguatan sektor ekonomi rakyat diprioritaskan,” tutur Wijayanto.

Sebelumnya Cak Imin menjanjikan akan memperbesar dana desa menjadi Simbol Rupiah 5 miliar per tahun. Menurutnya, peningkatan anggaran dana desa dapat mempercepat penyelenggaraan di dalam desa juga menekan laju urbanisasi.

“Ke depan kami akan siapkan. Naikkan lagi anggaran Mata Uang Rupiah 5 miliar per desa,” ucapnya di debat Cawapres di area Ibukota Convention Center pada Ahad, 21 Januari 2024.

Menurut dia, pengerjaan desa melalui kegiatan dana desa sudah pernah berhasil meningkatkan infrastruktur juga perubahan struktural desa tertinggal. Jika dana desa diperbesar, kata Imin, taraf hidup masyarakat, ekonomi, sosial dan juga budaya akan meningkat. Ia mengklaim pada waktu ini sudah ada ada 13 ribu desa tertinggal yang mana bertransformasi menjadi desa mandiri. 

Data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, juga Transmigrasi mencatatkan sebanyak 9,14 persen atau 6.803 desa masih tertinggal pada tahun 2023. Jika dibandingkan dengan data 2022, jumlah total desa tertinggal mengalami penurunan sebanyak 3,33 persen atau 2.431 desa. Sementara jumlah total desa mandiri juga tercatat meningkat, dari 6.238 desa pada 2022 menjadi 11.456 desa per 2023.

Wijayanto menuturkan, kelompok AMIN telah menghitung, dengan pertumbuhan ekonomi 5,5 sampai 6,5 persen per tahun dan juga rasio pajak naik menjadi 13 sampai 16 persen pada 2029. “Seperti target AMIN pada visi-misi, target dana desa Rupiah 5 miliar di area seluruh desa di area Indonesia akan bisa jadi dilaksanakan.”

Ia menambahkan, keadilan pengerjaan merupakan prioritas penting AMIN. Oleh sebab itu, mereka mencanangkan selain menambah dana desa, juga akan menyebabkan 40 kota di dalam seluruh Indonesia yang selevel dengan Jakarta. Wijayanto menjelaskan, 40 kota yang dimaksud bukanlah selevel pada ukuran. Akan tetapi, diproyeksikan selevel pada daya saing kemudian kualitas layanan publik. Mulai dari kendaraan umum, kesehatan, pendidikan, sanitasi, komunikasi, area publik, dan juga sebagainya.

ANNISA FEBIOLA

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *