Cara Membeli Saham Termudah, Hanya dengan Satu Aplikasi

Investasi205 Dilihat

Bagaimana Cara Membeli Saham

Buat kamu yang penasaran gimana sih beli saham perusahaan. Atau kamu bingung gimana cara membeli saham bri? atau cara membeli saham bca, sih? Yuk simal artikel ini biar kamu makin jago investasi saham

Sebelum itu kenali dulu apa itu saham? Saham adalah bukti sebagian pemilikan dari sebuah perusahaan. Jika kamu punya saham di perusahaan tersebut kamu termasuk salah satu pemilik perusahaan itu, keren kan?

Lantas gimana cara membeli saham? Membeli saham ternyata cukup mudah bahkan bisa hanya menggunakan satu aplikasi.

pertama, pilihlah perusahaan sekuritas

Sebelum membeli saham, kamu harus memilih perusahaan sekuritas terlebih dahulu. Apa itu Sekuritas? Dilansir dari website resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Sekuritas adalah bukti kepemilikan modal atau bukti utang piutang, Bukti dapat berbentuk surat berharga yang dapat diperdagangkan, seperti saham, hipotek, obligasi, wesel, promes, sertifikat deposito, kupon, skrip, jaminan, right, maupun opsi (securities).

Sedangkan menurut OJK, Perusahaan Sekuritas adalah perusahaan yang telah mendapat izin usaha dari OJK untuk dapat melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang EfekPenjamin Emisi Efek, atau kegiatan lain yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pengawas Pasar Modal.

Mudahnya, Perusahaan Sekuritas adalah aplikasi atau perusahaan yang memberikan layanan memudahkan anda dalam memilih saham yang nantinya akan kamu beli.

Kenali dengan baik perusahaan sekuritas yang akan kamu gunakan. Pastikan perusahaan sekuritas telah mengantongi izin dari pihak terkait dan pastikan kamu telah membaca semua persyaratan perusahaan sekuritas. Bagaimana memilih perusahaan sekuritas yang baik? kamu bisa simak artikelnya disini

Buka Rekening Dana Nasabah

Setelah memilih perusahaan sekuritas, Kamu dapat membuka Rekening Dana Nasabah atau RDN. Apa itu rekening dana nasabah? rekening dana nasabah adalah rekening yang nantinya kamu gunakan dalam jual-beli di bursa. Pembukaan rekening dapat dilakukan melalui perusahaan sekuritas yang kamu pilih sebelumnya.

Syarat-syarat membuka rekening dana nasabah beragam, tergantung dari perusahaan sekuritas yang kamu pakai. Umumnya, cukup melampirkan KTP dan verifikasi wajah. Namun terkadang perusahaan sekuritas meminta kamu melampirkan NPWP

Setelah Verifikasi, kamu dapat deposit ke RDN yang telah kamu buat sebelumnya. Perusahaan sekuritas memberikan persyaratan minimal deposit yang beragam. Mulai dari Rp. !0.000 rupiah hingga Jutaan Rupiah. Berapa minimal deposit saat membeli saham? simak artikel tersebut untuk melihat daftar aplikasi sekuritas dan minimal depositnya

Beli Saham Lewat Aplikasi Trading

Kamu dapat membeli saham setelah mengisi rekening dana nasabah. Dilansir dari IDNbisnis, pembelian saham di Indonesia minimal 1 lot atau 100 lembar.

Misalnya kamu membeli saham A dengan nilai 200 per lembar, maka kamu harus merogoh kocek sebesar Rp. 200 x 100 (lembar saham minimal yang kamu beli) = Rp. 20.000.

Jadi kamu harus deposit Rp. 20.000 untuk membeli saham perusahaan A. Tentunya kamu harus menghitung juga biaya broker fee (biaya admin) yang telah ditentukan perusahaan Sekuritas.

Perlu kehati-hatian dalam memilih saham. pastikan kamu sudah menganalisa saham tersebut. Kamu dapat mempelajari hal ini di artikel Cara memilih emiten saham bagi pemula

Pantau Pergerakan Pasar

Langkah selanjutnya kamu dapat memantau saham yang kamu beli di dashboard aplikasi sekuritas. Perdagangan saham buka dalam dua sesi. Bursa Efek Indonesia membuka jam perdagangan saham Sesi 1 pada hari Senin-Kamis pukul 09.00 – 12.00 WIB, sedangkan hari Jumat buka pukul 09.00 – 11.30 WIB.

Sedangkan Sesi 2 buka pada jam 13.30 – 15.49 WIB untuk hari senin sampai kamis dan hari jumat buka pukul 14.00 – 15.49 WIB. Hari sabtu dan minggu tutup, begitupula hari-hari besar nasional yang ditandai dengan tanggal merah.

Tips Membeli Saham Bagi Pemula

Ketika berinvestasi, kamu harus mengetahui beberapa tips ini

Jangan Beli Kucing dalam Karung

Istilah tersebut merujuk kepada investor yang membeli saham tanpa melakukan analisis terlebih dahulu. Kamu harus memiliki riset apakah saham yang kamu pilih memiliki prospek cerah dikemudian hari. Kamu tentu gak mau kan tiba-tiba saham yang kamu beli ternyata bangkrut. Kalau kamu mau belajar analisa saham bisa simak artikel cara analisa saham fundamental untuk pemula.

Jangan Beli Saham Hanya Ikut-ikutan

Seperti tips sebelumnya, Kenali saham yang akan anda beli dengan membaca laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan biasanya terdapat di website resmi perusahaan, maupun di aplikasi perusahaan sekuritas.

Gunakan Uang Dingin

Uang dingin merupakan gambaran kamu tidak akan menggunakan uang tersebut di waktu jangka pendek. Itu akan membuat kamu senantiasa tenang dalam berivestasi sehingga membuat keputusan yang akan kamu ambil lebih tepat. Uang dingin juga membuatmu tidak berada di zona berbahaya ketika kamu salah berinvestasi.

Ingat jangan menggunakan uang pinjaman saat berinvestasi. Jika portofolio kamu merah, kamu harus tetap membayar uang pinjaman yang kamu gunakan berinvestasi.

Cara Membeli Saham Luar Negeri

Serupa tapi tak sama, Pembelian saham perusahaan luar negeri tidak semuanya dapat dilakukan di perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia. cek apakah aplikasi yang kamu pakai bisa untuk membeli saham luar negeri di artikel ini. Setelah mengecek, kamu dapat meneruskan pembelian seperti saham Indonesia pada umumnya. Simak artikel Cara Membeli Saham Perusahaan Luar Negeri agar kamu makin pinter saham.

peringatan: konten dalam artikel ini tidak merujuk pada ajakan membeli atau menjual saham. Pastikan kamu melakukan analisa terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli atau menjual saham.

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar