China-Amerika Minggir, Negara Asia Ini adalah Mau Jadi Raja Chip Bumi

Berita Olahraga21 Dilihat

IDN Bisnis

Jakarta – China dan juga Amerika Serikat akan datang punya saingan baru di tempat bidang chip. Sebab India sedang bersiap mengembangkan sektor di negerinya.

Kesempatan India terbuka lebar. Mengingat banyak perusahaan yang ingin menghurangi ketergantungan dari chip China, oleh sebab itu ada hambatan geopolitik dengan AS.

Industri di negerinya juga kian padat dengan kedatangan Qualcomm. Raksasa selama Negeri Paman Sam itu membuka pusat desain baru pada Chennai India.

Tiga pabrik semikonduktor juga baru diresmikan oleh Utama Menteri Narendra Modi. Salah satunya berasal dari perusahaan patungan antara Tata Electronics lalu Powerchip Semiconductor Manufacturing Corp Taiwan.

Ketua PSMC, Frank Huang menjelaskan perusahaan akan datang mempunyai chip semikonduktor pertama dalam India pada 2024 mendatang.

Pabrik yang dimaksud diperkirakan sanggup menciptakan 1.600 lapangan kerja. Fokusnya adalah untuk merancang teknologi nirkabel.

“Banyak chip kami dirancang di dalam India, serta diperkenalkan di area India juga menciptakan prospek bagi beberapa jumlah perusahaan India,” ketua eksekutif Qualcomm Cristiano Amon.

India juga percaya diri dapat masuk di lima besar produsen semikonduktor dunia. Sejauh ini lima nama yang dimaksud berada di area sikap teratas bidang adalah AS, China, Korea Selatan, Jepang, lalu Taiwan.

Laporan TrendForce bulan Desember lalu menyebutkan Taiwan jadi negara terbesar untuk kapasitas pembuatan semikonduktor global. Yakni hampir setengah yang digunakan dihasilkan, atau sekitar 46%.

Sementara untuk negara lain adalah China (26%), Korea Selatan (12%), Amerika Serikat (6%) juga Jepun (2%).

“Kami pikir pada lima tahun ke depan, kami akan menjadi salah satu dari lima negara semikonduktor teratas di tempat dunia,” kata Menteri Elektronik juga Teknologi Informasi, Perkeretaapian lalu Komunikasi India, Ashwini Vaishnaw di tempat Street Signs Asia CNBC Internasional, diambil Rabu (20/3/2024).

Artikel Selanjutnya Akal Bulus Xi Jinping Bobol Blokir Joe Biden

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *