Dana Murah Berkontribusi 54% Terhadap Total DPK BTN di dalam Tahun 2023

Finansial92 Dilihat

IDN Bisnis JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatatkan total dana pihak ketiga (DPK) yang digunakan berhasil dikumpulkan sebesar Mata Uang Rupiah 350 triliun atau naik 8,7% secara tahunan. Dari total yang disebutkan dana tidak mahal atau current ccount saving account (CASA) mencapai Simbol Rupiah 188 triliun naik 20,4% dibandingkan tahun 2022. Hal ini menghasilkan porsi CASA mencapai 54% dari total DPK.

Sekretaris Organisasi BTN Ramon Armando menyatakan hasil yang dimaksud berkat upaya BTN yang tersebut gencar mencari dana tidak mahal dari tabungan dan juga Giro. 

“Secara tahunan terdapat kenaikan sisa tabungan sebesar 5,40% menjadi Mata Uang Rupiah 44,72 Triliun,” katanya terhadap KONTAN, hari terakhir pekan (16/2).

Ia menyampaikan kenaikan keseimbangan tabungan didorong oleh beberapa komoditas tabungan yakni BTN Bisnis lalu BTN Investa. 

Jika dirinci, tabungan dari BTN Bisnis bertambah 36,14% secara tahunan menjadi Simbol Rupiah 3,10 Triliun. Kenaikan yang dimaksud didorong oleh inisiatif bundling Tabungan Bisnis juga klien UMKM dari KUR. 

Selain itu tersisa rata-rata tabungan BTN Bisnis dari debitur KUR lebih banyak tinggi 2-3 kali lipat dibandingkan dengan jumlah rata-rata dari debitur non KUR. 

Sementara itu untuk Tabungan BTN Investa juga bertumbuh 18,09% secara tahunan menjadi Rupiah 12,45 Triliun. Salah satu yang mana berkontribusi adalah Tabungan BTN Investa Plus, dimana targetnya merupakan klien prioritas agar bisa saja meningkatkan product holding. 

Hingga akhirnya pada tahun 2023 total asset under managament (AUM) kelolaan dari divisi wealth management mencapai Rp47 Triliun. 

BTN memiliki target pertumbuhan DPK tahun ini sebesar 8% – 9%. Sementara AUM dari pengguna prioritas yang tersebut dihimpun mencapai Mata Uang Rupiah 57 Triliun.

“Target itu sebagai salah satu solusi di menghurangi dana institusi pada Bank BTN,” tutupnya



Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *