DFB akan ganti tipografi nomor punggung di dalam jersei timnas Jerman

Berita Olahraga24 Dilihat

IDN Bisnis DKI Jakarta – Asosiasi Sepak bola Jerman (DFB) mengungkapkan akan mengganti tipografi yang digunakan dalam jersei timnas Jerman, pasca salah satu nomor punggung disebut-sebut menyerupai simbol Nazi.

Nomor punggung empat yang terdapat dalam jersei timnas Jerman dikatakan menyerupai simbol SS, yang digunakan merupakan pasukan elit Nazi.

“DFB memeriksa nomor 0 sampai 9 dan juga kemudian mendaftarkan nomor-nomor 1 sampai 26 terhadap UEFA untuk ditinjau. Tidak ada satupun pihak yang tersebut terlibat yang tersebut mengamati adanya kedekatan dengan simbol Nazi di proses pembuatannya,” demikian pernyataan DFB seperti dikutipkan AFP.

Walau demikian, DFB menyatakan pihaknya tak akan memberikan landasan untuk diskusi seputar permasalahan tersebut.

“Bersama dengan mitra kami 11teamsports, kami akan mengembangkan desain alternatif untuk nomor empat juga mengordinasikannya dengan UEFA,” kata DFB.

Harian Jerman Bild melaporkan bahwa produsen jersei timnas, Adidas, menghapus opsi personalisasi untuk kaus timnas pada laman resminya pada Mulai Pekan sore waktu setempat.

Fitur personalisasi nama juga nomor punggung tiada tersedia ketika pewarta AFP mencoba membuka laman yang dimaksud pada Selasa dini hari WIB.

Jersei dengan nomor punggung 44 menjadi pusat kontroversi, sebab sekilas nomor yang dimaksud terlihat identik dengan logo SS.

Pengiriman jersei yang mana telah dilakukan dipesan dengan nomor punggung yang disebutkan telah lama dihentikan, demikian dilaporkan Bild.

Tipografi nama kemudian nomor punggung yang disebutkan dikenakan timnas Jerman pada pertandingan persahabatan melawan Prancis juga Belanda. Kedua pertandingan yang disebutkan merupakan bagian dari persiapan Jerman menuju Piala Eropa 2026 yang tersebut akan diselenggarakan di tempat kandang sendiri.

DFB sebelumnya juga telah lama memantik kontroversi pada bulan lalu, pada waktu mengumumkan akan mengganti sponsor apparel mereka, yakni Adidas, mulai 2027 mendatang. Jenama lokal, Adidas, yang mana telah lama menjadi sponsor apparel timnas Jerman sejak 1950-an, akan digantikan oleh raksasa AS, Nike.

Disclaimer: artikel ini berdasarkan dari rangkuman berbagai sumber
Berita terbaru dan terlengkap hanya ada di IDN Bisnis

Situs ini disponsori oleh: Free Invoice Generator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *